HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 59 JAKARTA TIMUR.

MIFTAHUL JANNAH, . (2011) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 59 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara efektivitas media pembelajaran multimedia dengan motivasi belajar siswa dan mengetahui seberapa erat hubungan efektivitas penggunaan media pembelajaran multimedia dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 59 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung dari bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 59 Jakarta sebanyak 794 orang, dan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas x yang berjumlah 270 orang. Sampel yang digunakan adalah 81 orang dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana. Data variabel Y (motivasi belajar siswa) dan data variabel X (Efektivitas media pembelajaran multimedia) merupakan data primer yang didapat dari instrumen yang berbentuk kuesioner. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstuk melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen variabel Y sebesar 0,818 dan instrumen variabel X sebesar 0,853. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 29,60 + 0,751X. Hasil uji normalitas liliefors Lhitung= 0.094 sedangkan Ltabel untuk n=81 pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0.098. Karena Lhitung<Ltabel variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian koefisien regresi menghasilkan Fhitung (78,48) > Ftabel (3,96) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,597) < Ftabel (1,75) sehingga disimpulkan persamaan regresi tersebut linier. Perhitungan koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rhitung=0,706. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t menghasilkan thitung (8,86) > ttabel (1.645). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif, antara efektivitas penggunaan media pembelajaran multimedia dengan motivasi belajar siswa. Dengan perhitungan koefisien determinasi atau penentu diperoleh hasil 0,4983. Ini berarti bahwa efektivitas media pembelajaran multimedia (X) memberikan kontribusi atau sumbangan sebesar 49,83% terhadap motivasi belajar siswa. This research aimed to determine whether is a correlation between effectiveness of multimedia learning media with students learning motivation at SMAN 59 Jakarta. This research, conducted for 3 months from May to July 2010. The method of research used is survey method with correlation approach, while the data is got from instrument to students at SMAN 59 Jakarta. The populations research were all of students with total 794 students, while the reach of populations were students class XI with total 270 students, with 81 students for sampling. Variable data Y (learning motivation of students) and variable data X (the effectiveness of multimedia learning media) is primer data from questionnaire. Before that it was contracted validity test by validation process, that is correlation coefficient valuing score with the total score and reliability test using Alpha Cronbach formula. Reliability Y Variable is 0,818 an reliability X variable is 0,853. The analysis test by finding regression aquation, that is Ŷ = 29,60 + 0,751X. After that, data normality test by using Lilliefors formula and the result is Lcount = 0.094 sedangkan Ltable for n=81 in significant level 0,05 is 0.098. So LCount<Ltable mean that the mistake of prediction regression Y to X has normal distribution. For regression significance test and the result is Fcount (78,48) > Ftable (3,96). Showing that, it has significance regression. While regression linearity test, Fcount (1,597) < Ftable (1,75), showing that regression is linear. The result of product moment of correlations coefficient test, is rxy= 0,706. Continued by using correlations coefficient significance test with t-test. Counting result is, tcount (8,86) > ttable (1.645) and so, tcount > ttable. It means that there are significance and positive correlations between effectiveness of multimedia learning media with students learning motivation at SMAN 59 Jakarta. Beside that, the result of determination coeficient test is 0,4983, it means that students learning motovation variable determined by 49,83% effectiveness of multimedia learning media variable. The conclusion of the research have shown that there is a positive correlations between the effectiveness of multimedia learning media with students learning motivation at SMAN 59 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Endang Sri Rahayu M.Pd., 2) Dra. Tuti Sariwulan M.Si.,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:01
Last Modified: 30 Jun 2022 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31170

Actions (login required)

View Item View Item