MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DIKOMBINASIKAN DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MANAJEMEN KELAS X SMK KARYA EKOPIN DI JAKARTA TIMUR

MONICA NINING LESTARI, . (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DIKOMBINASIKAN DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MANAJEMEN KELAS X SMK KARYA EKOPIN DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MONICA_NL8115089434.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dikombinasikan dengan tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Dasar-dasar Manajemen. Penelitian dilaksanakan di SMK Karya Ekopin dengan aspek penelitian adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan, mulai terhitung akhir bulan September sampai dengan awal bulan Desember 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau disebut Classroom Action Research dengan melalui tiga siklus. Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi sebagai dasar untuk menyusun perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengalami proses kegiatan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) yang dikombinasi dengan tipe Students Team Achievement Divisons (STAD). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) yang dikombinasi dengan tipe Student Teams Achievement Divisons (STAD) berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya kelas X Administrasi Perkantoran. Hasil yang diperoleh siswa pada setiap siklus adalah sebagai berikut : rata-rata kelas pada siklus pertama sebesar 69,26 mengalami persentase peningkatan hasil belajar sebesar 10,30 %. Pada siklus kedua rata-rata kelas sebesar 76,47 dan mengalami peningkatan sebesar 10,40 %. Sedangkan pada siklus III rata-rata kelas sebesar 82,50 dengan peningkatan 7,88 %. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) yang dikombinasi dengan tipe Student Teams Achievement Divisons (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Karya Ekopin Jakarta Timur. This Study aims to increase student learning results through implementation cooperative learning model Teams Game Tournament (TGT) tipe combined with Student Teams Achievement Divisions (STAD) in management foundamental subject. Research was conducted at SMK Karya Ekopin with aspects of the research wass student of Official Administration X class. The research has been taken for 3 months,it started at end of September until begining December 2010. The aplicated research method was caled Classroom Action Research; which throughout 3 (three) cycles. During this class action research, it was conducted through the stages of planning, action, observation and reflections as a basic for preparing the plan back on the next cycle. The assesment of student outcome improvement that student earn after occurring learning activity process using cooperative learning model Teams Game Tournament (TGT) tipe combined with Students Teams Achievement Divisions (STAD) tipe. The result of this research states that the application of cooperative learning model Teams Game Tournament (TGT) tipe combined with Student Teams Achievement Divisions (STAD) tipe have giving positive influence to student’s learning outcome, particulary at Official Administration X class. The obtained results in each cycle the students are presented as follows: average the classroom result at the first step is round 69,26 which learning outcome rate increase about 10.30 %. The average classroom result at second step was 76,47 which learning outcome rate increase to 10.40 %, and the third one gained 82,50 which its improvement rate was 7,88%. Thus the model with a cooperative learning Teams Game Tournament (TGT) tipe combined with Student Teams Achievement Divisions (STAD) tipe can increase the level of student X Administration Office at SMK Karya Ekopin Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Widya Parimita, SE., MPA., 2) Umi Widyastuti, SE., ME.,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:11
Last Modified: 30 Jun 2022 07:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31176

Actions (login required)

View Item View Item