HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 4 DI JAKARTA PUSAT

NENENG ISMAH TANJUNG, . (2011) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 4 DI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Neneng Ismah Tanjung - 8125067595.pdf

Download (689kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keeratan hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar pada siswa sekolah SMA Negeri 4 Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 di Jakarta Pusat selama dua bulan terhitung sejak November 2010 sampai dengan Desember 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak proporsional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 4.Sebanyak 602 orang, sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah 15% dari populasi yaitu sebanyak 90 siswa, dari 602 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Ada hubungan yang erat dan positif antara variabel X Lingkungan Kelaurga dengan variabel Y Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 4 Jakarta Pusat yang ditunjukan oleh (rx= 0,660). Perhitungan persamaan regresi sederhana menunjukan Ŷ= 61,04 + 0,553X. uji normalitas galat taksiran regresi X atas Y dengan uji liliefors diperoleh (L hitung = 0.059) < (L tabel = 0.093), hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji kelinieran regresi dan keberartian koefisien regresi dengan menggunakan tabel Analisis varian (ANAVA) menunjukan (Fhitung = 67,88) > (Ftabel = 3,96), yang menyatakan model regresi linier serta menunjukan (Fhitung = 0,73) <(Ftabel = 1,66), yang menyatakn regresi sangat berarti. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien determinasi (KD) sebesar 0.4355. Hal ini berarti bahwa variasi motivasi belajar siswa 43.55% dijelaskan oleh lingkungan keluarga dan sisanya dijelaskan oleh faktor lain sepeti: Kurangnya kemampuan dalam pengelolaan kelas, metode mengajar, kedisiplinan guru, sarana dan prasarana belajar, kemandirian dalam belajar, dan kondisi/kesehatan siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga siswa kelas SMA Negeri 4 Jakarta cukup baik. This research aims to find out the relation between family environment with motivation to learn at school SMAN 4 Jakarta Pusat. This research was conducted at the State High School (SMAN) 4 in central Jakarta for two months starting from November 2010 until December 2010. The research method used is survey method with the correlation approach. The sampling technique used is proportionate random technique. The population in this study were high school students 4.Sebanyak 602 people, the sample used for this study is 15% of the population that is about 90 students, of 602 students. The results showed that: There is a close and positive relationship between variables X with variables Y Kelaurga Environmental Student Motivation SMAN 4 Jakarta Pusat shown by (rx = 0.660). Calculations show a simple regression equation Y = 61.04 + 0.553 X. normality test of the estimated regression error of X on Y with liliefors test is obtained (L count = 0059) <(L table = 0093), this means that samples come from populations with normal distribution. Testing linearity of regression and regression coefficient significance using analysis of variance table (ANOVA) showed (Fcount = 67.88)> (Ftable = 3.96), which states a linear regression model and shows (Fcount = 0.73) <(Ftable = 1.66), which menyatakn regression is very significant. Based on the calculation, the coefficient of determination (KD) equal to 0.4355. This means that the variation of students' motivation is 43.55% is explained by family environment and the rest explained by other factors crate: Lack of skills in classroom management, teaching methods, teacher discipline, facilities and infrastructure for learning, independence in learning, and the condition / health of students. So, it can be concluded that family environment graders SMAN 4 Jakarta is quite good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. I. Ketut R.S,M.Si 2) Dicky Iranto,SE,M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:38
Last Modified: 30 Jun 2022 07:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31187

Actions (login required)

View Item View Item