NUR ASTUTI WIJARENI, . (2011) PERAN RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL ANAK (RPSA) DALAM PEMBERDAYAAN ANAK (Studi Kasus Kekerasan Anak RPSA, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER SKRIPS.pdf Download (15kB) |
|
Text
EDIT sidang 1.pdf Download (740kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran rumah perlindungan sosial anak (RPSA) dalam pemberdayaan anak (studi kasus child abuse, Jakarta Timur). Selain itu penelitian ini juga untuk memberikan pemberdayaan kepada anak korban child abuse melalui proses kebermaknaan menurut teori Peter L Berger melalui istilah�istilah eksternalisasi, objektifikasi, dan internalisasi. Subjek penelitian ini adalah empat orang tim RPSA mulai dari ketua, pekerja sosial, psikologi, dan pengasuh, serta tiga orang anak korban child abuse sebagai informan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Adapun fokus penelitian ini yaitu: 1) peran lembaga dalam menangani anak korban child abuse 2) kebermaknaan anak berada di RPSA 3) pemberdayaan yang diberikan RPSA melalui proses pelayanan kasus yang ada. Penelitian ini dilakukan sejak Agustus 2010 sampai dengan Mei 2011. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan yang dilakukan lembaga yaitu RPSA melalui proses pelayanan kasus yang ada terhadap anak korban child abuse. Adapun proses pemberdayaan itu mulai dari temporary shelter, protection home, reunifikasi/reintegras/referal, pelayanan lanjut, dan terminasi. Hal ini berhubungan dengan hasil penelitian yang ada. Proses sosialisasi atau eksternalisasi dilakukan berupa penyuluhan, identifikasi kasus, dan melakukan pertolongan kepada anak korban kekerasan. Di mana didalamnya bermuatan ide-ide, nilai-nilai, mekanisme, dan cara-cara untuk menolong anak korban kekerasan. Proses eksternalisasi dipenelitian ini oleh RPSA melalui tatanan cara awal pendekatan tim RPSA terhadap anak korban child abuse dengan cara melakukan assesment atau melihat resume kasus dari lembaga perujuk demi melihat kebenaran yang terjadi pada anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Ikhlasiah Dalimonthe, M.Si 2) Asep Suryana, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 07:41 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 07:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31188 |
Actions (login required)
View Item |