AKTIVITAS PANTI ASUHAN DALAM PEMBINAAN MORAL ANAK (Studi Kualitatif di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama I Klender, Jakarta Timur)

UNING TIYASTUTI, . (2011) AKTIVITAS PANTI ASUHAN DALAM PEMBINAAN MORAL ANAK (Studi Kualitatif di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama I Klender, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FILE 6.pdf

Download (335kB)
[img] Text
FILE 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5.pdf

Download (142kB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (187kB)
[img] Text
FILE 7.pdf

Download (99kB)
[img] Text
FILE 3.pdf

Download (172kB)
[img] Text
FILE 4.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau informasi mengenai aktivitas panti asuhan dalam pembinaan moral anak di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama I Klender, Jl. KH. Maisan No. 107 kamp. Bulak, Klender Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan adalah analisis deskriptif, data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif, kemudian dibuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama I Klender telah melaksanakan aktivitasnya dalam pembinaan moral anak dengan sistem pendampingan. Sistem pendampingan tersebut terbukti dapat membantu di setiap kegiatan anak panti. Aktivitas pembinaan pendidikan moral anak yang dilakukan oleh panti mencakup (1) pembinaan fisik, dilaksanakan dengan cara anak-anak dibina dan dididik dalam menjaga diri sendiri seperti kesehatan dan stamina mereka; (2) pembinaan pendidikan dan keterampilan, anak-anak dididik menjadi seorang pelajar yang mempunyai prestasi bagus, baik di sekolah maupun di panti, berupa intelektual dan daya kreatifitas; (3) pembinaan rohani islam dan sosial, mengarah pada perkembangan moral anak dalam pembinaan beragama, bermasyarakat, serta membangun rasa kesetiakawanan; (4) pembinaan kesenian, anak-anak digali dan diasah bakat serta kemampuannya dalam bidang seni (seni musik ataupun seni tari). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah aktivitas Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama I Klender dalam pembinaan moral anak berjalan dengan baik dan selaras dengan sistem pendampingan yang dapat menjadi fasilitator penunjang utama bagi pembinaan tersebut, sehingga anak-anak mampu dididik menjadi anak yang bermoral baik dalam setiap kegiatan dalam kehidupannya di dalam dan luar panti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Maiwan, M.Si 2) Drs. Agus Martono, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:31
Last Modified: 30 Jun 2022 08:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31204

Actions (login required)

View Item View Item