PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI (Eksperimen Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 54 Jakarta Timur)

VICKI LUSIAGUSTIN, . (2010) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI (Eksperimen Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 54 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
COVER NEW.pdf

Download (34kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (71kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text
DFTR ISI,TABEL,GMBR,LAMPIRAN.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRN. NORMAL _ HOMOGEN.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar geografi antara guru yang menggunakan media CD interaktif dengan media gambar pada siswa kelas X materi sejarah pembentukan bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 54 Jakarta Timur yang terdiri dari 8 kelas sebanyak 304 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media CD interaktif dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan media gambar. Teknik pengambilan sampel berupa Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Dari hasil uji validitas dengan Pearson Correlation, instrumen dinyatakan valid jika nilai Pearson Correlation > nilai rtabel dimana nilai rtabel dengan sampel (n) 30 = 0.361 sehingga didapatkan instrumen yang valid berjumlah 25 dari 30 soal, sedangkan nilai reliabilitasnya sebesar 0.900 yang berarti instrumen sangat tinggi dan baik digunakan untuk mengukur tes hasil belajar siswa. Selanjutnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas data menggunakan uji Shapiro-wilk dan Test-Homogenity of Variance. Dari hasil uji normalitas baik pre-tes maupun post-tes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Sig > α (0.05) artinya data berdistribusi normal, sedangkan hasil uji homogenitas didapatkan Sig > α (0.05) artinya data kedua kelompok bersifat homogen. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t Independent Sample t-tes diperoleh nilai Sig(2 – taliled) 0.000 dengan α 0.05 maka dapat dikatakan Sig (2-tailed) 0.000 < α (0.025) yang berarti Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media CD interaktif dengan media gambar pada materi sejarah pembentukan bumi di SMA Negeri 54 Jakarta Timur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Rudi Iskandar, M.Si 2) Oot Hotimah, S.Pd, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:40
Last Modified: 30 Jun 2022 08:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31208

Actions (login required)

View Item View Item