ANTONIUS SETYO UTOMO ABIROSO, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH BAGI SISWA-SISWI KELAS 2 SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI JAKASAMPURNA 9 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi_AntoniusSetyo_5235122716.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: Peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi energi. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas II SD Negeri Jakasampurna 9 Bekasi tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 38. Tindakan yang menggunakan sebuah media pembelajaran, yaitu media pembelajaran berbasis flash dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Kriteria Ketuntasan Minimal untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 2 di SD Negeri Jakasampurna 9 Bekasi adalah 70. Dari 38 siswa kelas II, 34 siswa mengikuti tes dan 4 siswa tidak mengikuti tes. Dari 34 siswa kelas II yang mengikuti tes, mengalami ketidaktuntasan belajar sebanyak 25 siswa yaitu 73,53% berada di bawah KKM, dan sisanya 9 siswa-siswi telah mengalami ketuntasan belajar yaitu sebesar 26,47% sama atau berada di atas KKM, dari batas tuntas yang diharapkan oleh guru SD Negeri Jakasampurna 9 Bekasi ini yaitu 60%. Nilai terendah yang didapatkan siswa yaitu 0 dan nilai tertinggi 93, dengan nilai rata-rata kelas 45,29. Dari 34 siswa yang mengikuti tes, siswa-siswi yang mendapatkan nilai berada di bawah rata-rata kelas sebanyak 17 siswa dan yang mendapatkan nilai berada di atas nilai rata-rata kelas sebanyak 17 siswa. Nilai rata-rata kelas pada nilai studi awal adalah sebesar 45,29, kemudian mengalami siklus I adalah sebesar 48,82 dan akhirnya pada siklus II adalah sebesar 67,37. Berdasarkan hasil perhitungan didapat bahwa hasil belajar IPA siswa pada kelas II SD Negeri Jakasampurna 9 mengalami peningkatan yang signifikan. Terlihat pada persentase ketuntasan kelas yang sebelumnya pada nilai studi awal lalu dengan metode pembelajaran yang telah menggunakan media pembelajaran mengalami siklus I dan setelah nya siklus II. Persentase Ketuntasan siswa-siswi di kelas pada nilai studi awal adalah sebesar 26,47%, kemudian mengalami siklus I adalah sebesar 32,35% dan akhirnya pada siklus II adalah sebesar 65,79%. Serta mengalami tingkat keberhasilan yang cukup signifikan, dari nilai studi awal sebesar 40,52% lalu mengalami siklus I sebesar 43,68% dan siklus II adalah sebesar 67,37%. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar terhadap mata pelajaran IPA siswa kelas 2 Sekolah Dasar di SD Negeri Jakasampurna 9 Bekasi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis flash khususnya pada materi energi. This classroom action research aims to: Increase student achievement after using the flash-based learning media on the subjects of Natural Sciences on the energy matter. This research was conducted by the method of classroom action research done in grade II SD Negeri Jakasampurna 9 Bekasi school year 2015/2016 the number of students as much as 38. The action using media-flash based learning in science teaching. This study was conducted in two cycles. Mastery Learning Minimum criteria for the subjects of Natural Sciences 2nd grade in elementary school Jakasampurna 9 Bekasi is 70. Of the 38 grade II, 34 students took the test and 4 students did not take the test. Of the 34 second grade students who took the tests, get many as 25 students have 73.53% under KKM, the remaining 9 students have a 26.47% completeness study is equal to or above the KKM, limit the expected completion by the teacher SD Negeri Jakasampurna 9 Bekasi is 60%. The lowest scores were obtained student is 0 and the highest grade 93, with an average grade 45.29. Of the 34 students who took the tests, students who score below average as many as 17 students and classes that scored above the class average as many as 17 students. The average grade on the value of the initial study is at 45.29, then suffered the first cycle is at 48.82 and ended at the second cycle is equal to 67.37. Based on the research result shows that the learning outcomes of students in grade II natural sains at SD Negeri Jakasampurna 9 has increased. Seen on a percentage of average grade completion earlier in the value of the initial study and the learning method that has been used instructional media experience after her first cycle and the second cycle. The average percentage of passing students who completion in the class at the beginning of the study value amounted to 26.47%, then suffered the first cycle is equal to 32.35 and and ended up on the second cycle is equal to 65.79%. As well as experiencing significant success rate, of the value of the initial study by 40.52% and experienced a first cycle of 43.68% and the second cycle is equal to 67.37%. It can be concluded that an increase learning achievement on science subjects at the elementary grade students of SD Negeri 2 Jakasampurna 9 Bekasi using flash-based learning media, especially in energy materials.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Bambang Prasetya Adhi, M.Kom 2) Diat Nurhidayat, M.T.I |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 09:23 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 09:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31221 |
Actions (login required)
View Item |