HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK TUNAS MARKATIN JAKARTA TIMUR

NURJANNAH SETIANINGRUM, . (2011) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK TUNAS MARKATIN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NURJANNAH SETIANINGRUM.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang sahih, benar dan dapat dipercaya apakah terdapat hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar akuntansi siswa di SMK Tunas Markatin Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung sejak Januari 2011 sampai dengan bulan Mei 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Tunas Markatin Jakarta Timur. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X jurusan akuntansi sebanyak 33 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, pertama menentukan kelompok populasi terjangkau (area sampling) dan kemudian yang kedua dengan teknik acak sederhana (simple random sampling tecnique). Persamaan regresi linier sederhana menghasilkan persamaan regresi Ŷ = 21,4 + 0,46 X. Uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan menggunakan uji liliefors dan diperoleh Lhitung (Lo) = 0,0796 dibandingkan dengan Ltabel (Lt) = 0,1566 pada taraf signifikansi 0,05 maka Lhitung < Ltabel. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Untuk uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (13,53) > Ftabel (4,17) ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkann uji kelinieran menghasilkan Fhitung (1,083) < Ftabel (2,66) ini berarti model regresi yang dipakai linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0,56. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh adalah thitung = 3,704 sedangkan ttabel = 1,697 pada taraf signifikansi 0,05 sehingga thitung > ttabel. Dari perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar akuntansi. Dengan uji koefisien determinasi hasil yang diperoleh sebesar r2 xy = (0,56)2 = 0,3136. Hal ini berarti sebesar 31% variasi hasil belajar akuntansi ditentukan oleh lingkungan keluarga. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar akuntansi siswa SMK Tunas Markatin Jakarta Timur. This study aimed to gain knowledge based on valid data and facts, true, and trusworthy if there is a relation between family environment with student’s accounnting learning Result at vocational school Tunas Markatin East Jakarta. This research was conducted for four months starting from January 2011 until May 2011. The research method used is survey method with the correlational approach. The population in the study were all students of Vocational School Tunas Markatin East. While the population of inaccessibility is the tenth grade studens were 33 students majoring in accounting. Samples used as many as 32 people. The sampling technique in this study was conducted in two stages, first determining the population groups covered (area sampling) and then the second with simple random sampling (simple random sampling technique). Simple linier regression equation produce the regression equation Ŷ=21,4 + 0,46 X. Data normality test by using liliefors formula and the result is Lcount = 0,0796 in significant level 0,05 and Ltable = 0,1566, so Lcount < Ltable mean that be mistake of prediction regression Y to X has normal distribution. For regression significance test and result Fcount (13,53) > Ftable (4,17), showing that it has regression. While regression linearity test Fcount (1,083) < Ftable (2,66) showing that regression is linear. The result of product moment test is rxy = 0,56 continued by using correlation significance test with ttest. Continuing result is tcount = 3,704, while ttable = 1,697 in significance level 0,05 so tcount > ttable. From this counting, node that it has significant relation the use of family environment with result accounting study. Beside that, the result of determination coefficient test is rxy = (0,56)2 = 0,3136. That mean is variate students result accounting study variable determinated by 31% variate of family environment. The conclusion of the research have shown that there is positive correlations between family environment with students result accounting study at Vocational School Tunas Markatin East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Andartari, M.Pd., M. Ak 2) Dra. Leti Latifah, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 10:14
Last Modified: 30 Jun 2022 10:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31225

Actions (login required)

View Item View Item