HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 99 JAKARTA TIMUR

PUJI NURMAWATI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 99 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PUJI NURMAWATI.pdf

Download (667kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru pada SMA Negeri 99 Jakarta Timur. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif teknik survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah guru SMA Negeri 99 Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini secara sampling pertimbangan (Purposive Sampling). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah 55 orang guru dan sampel yang digunakan berdasarkan table Isaac dan Michael adalah 48 orang guru. Instrumen yang digunakan untuk emperoleh data variabel X (Motivasi Berprestasi) diukur menggunakan skala Likert. Dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,942. Hal ini membuktikan bahwa instrumen ini valid dan reliabel. Untuk variabel Y (Kinerja Guru) diukur menggunakan total nilai DP3. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 539,33 + 0,174X. Dari persamaan tersebut, dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lo < Lt (0,097 < 0,126). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat hasil Fh < Ft (0,80 < 2,46) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fh > Ft (21,50 > 4,02) yang menandakan bahwa persamaan regresi signifikan. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy = 0,560. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru pada SMA Negeri 99 Jakarta Timur. Dari perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel, yaitu 4,64 > 1,67 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X motivasi berprestasi dengan variable Y kinerja guru pada SMA Negeri 99 Jakarta Timur. The purpose of this research is to get information about how far the relationship between achievement motivation with teacher’s performance at East Jakarta 99 Senior High School. The research method that used is technique descriptive method passes to a correlation approach. Watchfulness population is teachers of East Jakarta 99 Senior High School. The sampling technique was conduted by purposive sampling. The attainable population in this research are 55 teachers which 48 are taken as sample in this research with Isaac and Michael table. Instrument that used to get variable X (achievement motivation) measured to use scale Likert by using formula alpha cronbach got result reliability variable X is 0,942, this matter proves that instrument valid and reliable. The simple linear regression and resulted Ŷ= 539,33 + 0,174X. From the regretion equation data normality test by using liliefors test which resulted Lo < Lt (0,097 < 0,126). It showed that the data had been normally distributed. For linearity regression test the result is Fh < Ft (0,80 < 2,46). So, it indicated that the data had been linear. While for the regression significant, the result is Fh > Ft (21,50 > 4,02). It indicated that the data had been significant. The result of coefficient correlation test of product moment by Pearson is rxy = 0,560, it mean there is a positive correlation between achievement motivation with teacher’s performance. The calculation of t-test showed taccount > ttable, 4,64 > 1,67. It showed a significance correlation between achievement motivation with teacher’s performance at East Jakarta 99 Senior High School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ratna Anggraini, S.E., M.Si. 2) Dra. Leti Latifah, M.M.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 10:19
Last Modified: 30 Jun 2022 10:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31227

Actions (login required)

View Item View Item