PURWATI WIDONINGSIH, . (2011) “Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangible Terhadap Penerimaan Pajak” (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Pulogadung). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
PURWATI WIDONINGSIH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tuntutan pelayanan yang cepat, mudah, murah, dan akurat merupakan harapan masyarakat, begitu juga dengan perbaikan pada administrasi perpajakan. Dan untuk mendukung hal tersebut, kondisi administrasi perpajakan yang baik merupakan suatu prasyarat. Ditengah keterbatasan dalam berbagai hal, yakni baik sarana dan prasarana, sumber daya manusia, teknologi, dan sistem informasi, berdasarkan data yang tersedia serta dari penelitian yang dilakukan. Dalam penjelasan Undang-Undang Ketentuan Umum Perpajakan (UU-KUP) disebutkan bahwa salah satu manfaat yang diharapkan muncul dari pelaksanaan undang�undang tersebut adalah meningkatkan peran serta masyarakat secara sukarela dalam pemungutan serta pembayaran pajak. Untuk mewujudkan hal tersebut tentu diperlukan sebuah sistem perpajakan yang sederhana untuk dipahami dan tidak multi interprestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah penelitian untuk mengidentifikasi dimensi kualitas layanan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta-pulogadung, baik tingkat kepentingan konsumen atas kualitas layanan maupun tingkat kinerja kualitas layanan, melalui Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangible Terhadap Penerimaan Pajak. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Tangibel, Realibility, Responsveness, Assurance dan Emphaty tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Penerimaan Pajak. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa faktor Tangibel, Realibility, Responsveness, Assurance dan Emphaty ada yang berpengaruh positif serta secara tidak signifikan terhadap Penerimaan Pajak. Sedangkan untuk mengetahui keeratan pengaruh serta untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor-faktor lain yang mempengaruhi, maka dilakukan penghitungan Adjusted R2 sebesar 0,415 atau 41%. Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen (Tangibel, Realibility, Responsveness, Assurance dan Emphaty) terhadap variabel dependen (penerimaan pajak) sebesar 41%. Atau variasi dependen yang digunakan dalam model mampu menjelaskan sebesar 41% variasi variable dependen, sedangkan sisanya sebesar 59% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Service demands of a fast, easy, inexpensive, and accurate are people's expectations, as well as improvements in tax administration. And to support it, the condition of good tax administration is a prerequisite. Amid the limitations in various ways, namely both facilities and infrastructure, human resources, technology, and information systems, based on data available as well as from research conducted. In explanation of the General Provisions Act Taxation (Law�KUP) mentioned that one of the expected benefits arising from the implementation of these laws is to increase community participation voluntarily in collection and payment of taxes. To achieve this certainly required a tax system that is simple to understand and not multi-interpretation. The purpose of this study is a study to identify dimensions of quality of service on the Tax Office Primary Jakarta-Pulogadung, both the interests of consumers for the quality of service and performance levels of service quality, through the influence of Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, and Tangible Against Tax Revenue. The results of this study concluded that the tangible, Realibility, Responsveness, Assurance and Emphaty not have a significant effect simultaneously on Tax Revenue.From the test results indicate that tangible factors, Realibility, Responsveness, Assurance and Emphaty there is a positive effect as well as no significant effect on tax revenue. As for knowing the closeness of influence and to know the magnitude of the influence of other factors that affect, then do the calculation of Adjusted R2 0.415 or 41%. This shows that the percentage contribution of the influence of independent variables (tangible, Realibility, Responsveness, Assurance and Emphaty) against the dependent variable (tax revenues) was 41%. Or dependent variations used in the model can explain 41% variation of the dependent variable, while the rest 59% influenced by other variables that are not included in this study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Nuramalia Hasanah. M.Si 2) M. Yasser Arafat, SE,. Ak, MM |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi |
Divisions: | FE > S1 Akuntansi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 10:23 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 10:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31228 |
Actions (login required)
View Item |