PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMAN 43 JAKARTA

RIKSA MUSTIKA PRAJA, . (2011) PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMAN 43 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi Riksa Mustika Praja 8125072728.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di kelas yang tidak kondusif, potensi siswa berkembang tidak maksimal, hasil belajar masih rendah, dan tidak mencerminkan aspek kognitif dan afektif. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD bertujuan untuk mendorong interaksi positif belajar mengajar siswa agar dapat mengembangkan potensinya secara maksimal dan hasil belajar meningkat. Sesuai dengan prosedur dasar pengembangan tindakan penelitian, setiap kegiatan belajar mengajar melewati empat tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan dilakukan di kelas XI IPS 1 SMAN 43 Jakarta pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian direncanakan 2 siklus dilakukan dengan dibantu oleh 1 kolabolator. Hasil penelitian menunjukkan: 1) aktifitas siswa dn guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I rata-rata aktifitas kerja kelompok dalam pembelajaran sebesar 74.14% meningkat menjadi 90.55% pada siklus II. 2) nilai hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan ini ditunjukkan dengan kenaikan rata�rata hasil sebesar 72.70 pada siklus I menjadi 84.32 pada siklus II. 3) Untuk peningkatan nilai hasil belajar afektif di siklus II pada mata pelajaran akuntansi terjadi peningkatan sebesar 80.54% dibandingkan siklus I 76.40%. Peningkatan tersebut disebabkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berlangsung secara efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa lebih dominan sehingga maksimal mengekspresikan dalam membangun pengetahuan, aspek keterampilan sosial dan hasil belajar meningkat. . Berdasarkan hasil dan temuan direkomendasikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD perlu disosialisasikan dan dikembangkan penggunaannya pada mata pelajaran selain akuntansi. This research begin from studying and teaching activity in unconclusive classroom, the development of student’s potential is not maximal. So the result of the study is still low. And not include cognitively and affectively aspect. Cooperative learning model with STAD Type conduct to reform positive studying interaction so. It can be develop students expression maximal and the study result increase. Basic procedur to development research action, studying and teaching activity through four step consist of planning, action, observation, and reflection. Action research being done in XI social class, accounting subject, at SMAN 43 Jakarta. This research planned two cycles with helped by 1 collaborator. Result of research show: activity of student in study and teacher experience the better standar from cylce I to cylce II, At cycle I average activity form team-work of student and teacher equal to 74.14% become 90.55% at cycle II and assess result learn student experience of improvement from cycle I until cycle II. This Improvement show the increase average value of cognitif result equal to 72.70 in cycle I become 84.32 . This Improvement show the increase average value of afectif result equal to 76.4% in cycle I become 80.54%. The improvement caused management of Co-Operative STAD Type effectively. This research showed that cooperative learning STAD Type. More dominate so they express maximumly the building of knowledge, social skill aspect and the result is increase. It is recommended that cooperative learning model STAD Type need socialited and improve the using on the subject beside accounting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. I Ketut R Sudiarditha 2) Dr. Saparuddin SE, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Koperasi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 21:10
Last Modified: 30 Jun 2022 21:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31239

Actions (login required)

View Item View Item