THE COGNITIVE LEVELS OF UJIAN NASIONAL (UN) 2015 READING TESTS FOR SENIOR HIGH SCHOOL: CONTENT ANALYSIS

Karina Indah Medika, . (2016) THE COGNITIVE LEVELS OF UJIAN NASIONAL (UN) 2015 READING TESTS FOR SENIOR HIGH SCHOOL: CONTENT ANALYSIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI KARINA INDAH MEDIKA 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
CV Karina Indah Medika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

Ujian nasional adalah tes standar yang digunakan untuk mengukur kompetensi siswa. Uji membaca berperan banyak pada ujian nasional, oleh karena itu kesuksesan siswa dalam ujian nasional tergantung dari uji membaca. Ujian Nasional sebagai ujian standardisasi seharusnya merefleksikan tingkat berpikir rendah dan tingkat berpikir tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tingkat berpikir yang terdapat dan dominan dalam uji membaca Ujian Nasional 2015 tingkat Sekolah Menengah Umum. Penelitian ini dilaksanakan dari Februari hingga Mei 2016. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan konten analisis sebagai metode penelitian. Data dari penelitian ini adalah uji membaca pada ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Umum. Penelitian ini menggunakan Revisi Taksonomi Bloom dan Taksonomi Membaca Barrett sebagai alat penelitian. Hasil penelitian menunjukan terdapat empat tingkatan berpikir didalam kemampuan membaca ujian nasional 2015 yaitu tingkat mengingat, mengerti, mengaplikasi dan menganalisa dengan presentasi masingmasing 37%, 29%, 14% dan 20% yang menunjukan bahwa tingkat berpikir pada tingkatan Mengingat mendominasi uji membaca Ujian Nasional 2015 untuk Sekolah Menengah Umum. Hasil penelitian selanjutnya menunjukan bahwa uji membaca Ujian Nasional 2015 hanya dilandasi dengan dimensi pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan tidak ada dimensi pengetahuan metakognitif. Uji membaca pada Ujian Nasional yang merefleksikan tingkat berpikir rendah dan tingkat berpikir tinggi dan mengandung dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural serta metakognitif akan lebih efisien sebagai ujian standardisasi untuk siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Ratna Dewanti M.Pd. ; 2). Dra. Helena Damongilala M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Sastra Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Jan 2020 12:45
Last Modified: 29 Jan 2020 12:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3124

Actions (login required)

View Item View Item