HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 77 JAKARTA

ROBBY SIDHARTA, . (2011) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 77 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ROBBY SIDHARTA.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Hubungan antara Efektivitas Bimbingan Belajar dengan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 77 Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dan pendekatan korelasional, data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner untuk mengukur Efektivitas Bimbingan Belajar dan data nilai Ekonomi untuk hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini secara sampling acak proporsional (proportionate random sampling). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah 109 siswa dan sampel yang digunakan berdasarkan table Isacc dan Michael adalah 78 siswa. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 8,01 + 0,54X. Dari persamaan tersebut, dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lo < Lt (0,0963 < 0,0981). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat hasil Fh < Ft (0,83 < 1,74) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fh > Ft (45,15 > 3,98) yang menandakan bahwa persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy = 0,740. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara Efektivitas Bimbingan Belajar dengan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Ekonomi Dari perhitungan uji-t didapat thitung < ttabel, yaitu 9,58 < 1,67 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara efektivitas bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 77 Jakarta. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara efektivitas bimbingan belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 77 Jakarta. Hal ini menunjukkan bahwa semakin efektifnya bimbingan belajar maka akan semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh. The purpose of this research is to get information about how far the relationship between Educational Guidance Effectiveness and Educational Achievement on Economic Lessons at SMA Negeri 77 Jakarta. The research method that used is survey method with an ex post facto and a correlation approach. While the data is gained by used questionnaire to measure educational guidance effectiveness and economic achievement report to measure educational achievement. The sampling technique was conducted by proportionate random sampling. The attainable population in this research are 109 students which 78 are taken as sample in this research with Isacc and Michael table. The simple linear regression and resulted Ŷ= 8.01+ 0.54 X. From the regression equation data normality test by using liliefors test which resulted Lo < Lt (0.0963 < 0.0981). It showed that the data had been normally distributed. For linearity regression test the result is Fa < Ft (0.83 < 1.74). So, it indicated that the data had been linear. While for the regression significant, the result is Fa > Ft (45.15 > 3.98). It indicated that the data been significant. The result of coefficient correlation test of product moment by Pearson is rxy = 0.740, it mean there is a positive correlation between educational guidance effectiveness and educational achievement. The calculation of t-test showed taccount < ttable, 9.58 > 1.67. It showed a significance correlation between educational guidance effectiveness and educational achievement on economic lesson at SMA Negeri 77 Jakarta. The summarize of this research is gained relationship between educational guidance effectiveness and educational achievement on Economic Lesson at SMA Negeri 77 Jakarta. It assigned that progressively mount of educational guidance effectiveness hence educational guidance be gained progressively too.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Zulaihati, M.Si 2) Dra. Leti Latifah, M.M,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 21:19
Last Modified: 30 Jun 2022 21:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31242

Actions (login required)

View Item View Item