HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN GURU DENGAN KEMAMPUAN ENTREPRENEURSHIP PADA SISWA IPS DI SMA NEGERI 89 JAKARTA TIMUR

SARAH FRIDA ALVERNIA, . (2011) HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN GURU DENGAN KEMAMPUAN ENTREPRENEURSHIP PADA SISWA IPS DI SMA NEGERI 89 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SARAH FRIDA ALVERNIA.pdf

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang tepat berdasarkan perhitungan statistik mengenai Hubungan antara Kepemimpinan Guru dengan Kemampuan Entrepreneurship Pada Siswa IPS di SMA Negeri 89 Jakarta Timur. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 89 Jakarta Timur. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua IPS di SMA Negeri 89 Jakarta Timur yang berjumlah 154 siswa. Populasi terjangkau diambil 25% dari total populasi (25 x 154 = 39). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, karena untuk mendapatkan data yang benar dan sesuai dengan fakta diperoleh langsung dari sumbernya. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan pendekatan korelasional yaitu untuk melihat hubungan antara variabel bebas (kepemimpinan guru) dengan variabel terikat (kemampuan entrepreneurship siswa). Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 89,84 + 0,411X. Untuk Uji Persyaratan Analisis diperoleh hasil uji normalitas data terhadap galat taksir Y atas X adalah Lhitung (0,057) < Ltabel (0,141). Dari hasil tersebut diketahui bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Berdasarkan Uji Keberartian Regresi diperoleh Fhitung (25,59) > Ftabel (4,11), maka Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan model persamaan regresi adalah signifikan. Berdasarkan Uji Kelinieran Regresi diperoleh Fhitung (0,38) < Ftabel (2,52) maka dapat disimpulkan model persamaan regresi adalah linear. Perhitungan koefisien korelasi yang dilakukan dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh rxy = 0,639. Berdasarkan pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung (5,06) > ttabel (1,70) yang artinya terdapat hubungan yang berarti antara Kepemimpinan Guru dengan Kemampuan Entrepreneurship Siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai Koefisien Determinasi (KD) sebesar 0,4089. Hal ini berarti bahwa 40,89% Kemampuan Entrepreneurship Siswa ditentukan oleh Kepemimpinan Guru. Untuk itu Kepemimpinan Guru sangat diperlukan bagi Kemampuan Entrepreneurship Siswa. This study aims to get the right information based on statistical calculations about the Correlation between Leadership Of Teacher with Social Students Entrepreneurial Skills At Senior High School 89 East Jakarta. Research carried out At Senior High School 89 East Jakarta. The population in this study are all second social students at Senior High School 89 East Jakarta, amounting to 154 students. Population affordable taken 25% of total population dai (25 x 154 = 39). The research method used in this study is a survey method, because to get the correct data and in accordance with the facts obtained directly from the source. The data used are primary data using the correlation approach is to look at the relationship between independent variable (leadership of teacher) with the dependent variable (Entrepreneurial Skills). Regression equations in this study is Ŷ = 89,84 + 0,411X. To Test Requirements Analysis normality test result data to the error estimate of Y on X is Lcount (0,057) < Ltable (0,141). From the result it was found that the estimated error regression of Y on X have normal distribution. Regression Based Test of Significance obtained Fcount(25,59) > Ftable (4,11),then it can be concluded significance. Based on Regression Test Linearity is obtained Fcount (0,38) < Ftable (3,41) we can conclude the model is a linear regression equation. Correlation coefficient calculation is done by using the formula derived product moment rxy = 0,639. Based on the significance test of correlation coefficient obtained tcount (5,06) > ttable (1,70), which means there is meaningful correlation between Leadership Of Teacher by Entrepreneurial Skills. Based on the calculation result obtained value of coefficient of determination (KD) equal to 0,4089. This means that 40,89% students entrepreneurship ability is determined by leadership of teacher. For that leadership of teacher indispensable for Entrepreneurial Skills to be seen from the empirical research data by researchers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Siti Nurjanah, SE, M. Si, 2) Dr. Saparuddin, SE, M. Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 21:31
Last Modified: 30 Jun 2022 21:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31246

Actions (login required)

View Item View Item