HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 8 JAKARTA

SHENY APRIYANI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA n riwayat hidup sheny.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I-5 sheny pdf.pdf

Download (718kB)
[img] Text
pdf skripsi sheny.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran berdasarkan data atau fakta yang sahih (valid), untuk mengetahui Hubungan Antara Penerimaan Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMKN 8 Jakarta. Penelitian dilaksanakan di SMKN 8 Jakarta sejak bulan Desember 2010 sampai dengan bulan Februari 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran dengan jumlah 119 orang dan 89 orang sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik acak proposional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan korelasional sedangkan data diperoleh dari data sekunder (data dokumentasi dari sekolah berupa laporan hasil belajar bayangan semester ganjil) dan instrumen yang disebarkan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 8 Jakarta. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat Ŷ = 52,39 + 0,243 X. Hasil uji normalitas liliefors menghasilkan Lhitung = 0,071. Pada tarif signifikan 0,05 untuk n = 89 adalah 0,09392. Maka Lhitung < Ltabel. Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (6,91) > Ftabel (3,96) yang berarti persamaan regresi tersebut berarti. Uji kelinearan regresi mengahasilkan Fhitung (1,56) < Ftabel (1,70) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Perhitungan koefisien korelasi product moment menghasilkan rhitung = 0,271. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung = 2,63 > ttabel = 1,66. Maka thitung > ttabel. Berarti uji koefisien korelasi signifikan dan terdapat hubungan yang positif antara penerimaan teman sebaya dengan prestasi belajar. Di samping itu, dengan uji koefisien determinasi diperoleh hasil 7,36%, itu berarti bahwa variasi prestasi belajar (Y) ditentukan oleh varibel penerimaan teman sebaya (X) sebesar 7,36%. Hasil penelitian tersebut meyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara penerimaan teman sebaya dengan prestasi belajar pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 8 Jakarta. This research is conducted to describe data or valid fact, to know the correlations between peer acceptance and learning achievement at class x administrative office in SMKN 8 Jakarta. This research has been done at SMKN 8 Jakarta since December 2010 until february 2011. The populations in this research were all students class X. The reach of populations in this research is 119 students class X Administrative Office for total and 89 students for sampling. The Sampling technique in this research is propotional random sampling. The method of this research is survey method with correlation approach, while the data is got from secondary data and instrument servants students at class X administrative office in SMKN 8 Jakarta. The analysis test that was used is by finding regression equation, that is Ŷ = 52,39 + 0,243 X. After that data normality test using liliefors formula results Lcount =0,071. In significant level 0,05 for n= 89, Ltable = 0,9392. So Lcount < Ltable. Because Lcount < Ltable, it means that the mistake of prediction regression Y to X has normal distribution. Hypothesis test by using regression significant results, Fcount (6,91) > Ftable (3,96). Showing that it has significant regression. While regression linearity test, Fcount (1,56) < Ftable (1,70), showing that regression is linear. The result of product moment on correlations coefficient test, is rcount = 0,271 continued by using correlations coefficient significant test with t-test. Resulting, tcount = 2,63 while ttable = 1,66. So tcount > ttable. It means that there are significant and positive correlations between peer acceptance and learning achievemnet. Beside that, the result of determination coefficient test is 7,36%, it means that variation of learning achievement determined by 7,36% peer acceptance variable. The conclusion of the research has shown that there is a positive correlations between peer acceptance and learning achievement at class x administrative office in SMKN 8 Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Bagyo Handoko, M.M, 2) Dra. Sri Zulaihati, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 21:46
Last Modified: 30 Jun 2022 21:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31251

Actions (login required)

View Item View Item