HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI PADA MATA KULIAH AKUNTANSI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SITI RAHMAYANI RASYIDI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI PADA MATA KULIAH AKUNTANSI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta angkatan 2010 dan 2011. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan terhitung mulai bulan November sampai dengan bulan Desember 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak secara proporsional. Untuk menjaring data variabel X (Motivasi Belajar) dan variabel Y (Kesulitan belajar), digunakan instrument berbentuk skala Likert, setelah itu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil reliabilitas variabel X (Motivasi Belajar) sebesar 0,9014. Sedangkan hasil reliabiltas variabel Y (Kesulitan Belajar) sebesar 0,8858. Teknik analisis data menggunakan persamaan regresi linier sederhana dan dari hasil penelitian ini di dapat hasil Ŷ = 111.43 - 0.30 x. Untuk uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors di dapat Lhitung < Ltabel (0,0823<0,0845). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat hasil Fhitung < Ftabel (1,56<1,57) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian regresi didapat Fhitung > Ftabel (10,03 > 3,93) yang menandakan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Hasil uji koefisiensi korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rhitung = -0,29, hal ini berarti terdapat hubungan yang negatif antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar akuntansi. Dari perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel (3,20 > 1,66) yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar akuntansi. Dan dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 8% menunjukkan besarnya kontribusi motivasi belajar denggan kesulitan belajar akuntansi. This study is aimed to investigate the Correlation Between Learning Motivation and Learning Difficulty in Accounting Subject at Economic Faculty, Jakarta State University, The Class of 2010 and 2011. This study has been done for two months started from November to December 2012. The research method is survey method with correlational approach. The technique of sample collection is random technique collected proportionally. An instrument, Likert scale, is used to get the X variable data (Learning Motivation) and Y variable (Learning Difficulty). Then, validity test and reliability test has been done. The result of the test shows that X variable reliability (Learning Motivation) is 0,9014 whereas the Y variable reliability is 0,8858. The data analysis technique uses simple linear regression equation. The result of the analysis is Y = 111.43 - 0.30 x. The data analysis requirement test is Y on X regression estimation error normality test with liliefors test and it has got the result Lhitung < Ltabel (0,0823<0,0845) which means that the data has normal distribution. The result of regression linearity test is Fhitung < Ftabel (1,56<1,57) which means the regression model is linear. Whereas, the result of regression significance is Fhitung >Ftabel (10,03 > 3,93) that shows the regression equation is significance. The result of correlation coefficient test using product moment from Pearson is rhitung = -0,29. It means that there is negative correlation between learning motivation and the difficulty of learning accounting. Also, The calculation of t-test is thitung > ttabel (3,20 >1,66) which means there is significance correlation between learning motivation and the difficulty of learning accounting. Moreover, the determination coefficient calculation has obtained the value about 8% to show the significance of learning motivation contribution to difficulty in learning accounting

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Zulaihati, M.Si 2) Ati Sumiati, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 21:58
Last Modified: 30 Jun 2022 21:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31253

Actions (login required)

View Item View Item