HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK BINA SISWA BEKASI

TYASA ANINDITA, . (2011) HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK BINA SISWA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi_Tyasa Anindita (8115067499).pdf

Download (617kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara Status Sosial Ekonomi dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMK Bina Siswa Utama Bekasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Siswa Utama Bekasi selama 3 bulan mulai dari bulan Oktober sampai Desember 2010. Penelitian ini menggunakan metode survey melalui pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK Bina Siswa Utama Bekasi yang berjumlah 982 siswa. Sedangkan populasi terjangkau adalah siswa kelas XI yang berjumlah 286 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 158 siswa. Instrumen yang digunakan untuk variable X Status Sosial Ekonomi diukur menggunakan skala ordinal yang diambil dari data dokumentasi berupa buku induk siswa yang kemudian dibagi menjadi tiga kategori yaitu dasar, menengah,dan tinggi. Untuk variable Y Prestasi Belajar diambil dari nilai rapor yang juga dibagi menjadi empat kategori yaitu Amat baik, baik, cukup dan kurang. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus distribusi Z melalui Transformasi Gamma, diperoleh Zo sebesar 2,66 kemudian dibandingkan dengan Zt sebesar 1,645 dengan demikian Zo (2,66) > Zt (1,645) maka Ho ditolak, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Status Sosial ekonomi dengan Prestasi Belajar. Dari hasil perhitungan diperoleh G = 0,48 termasuk dalam tingkat hubungan yang sedang. Hal ini menunjukkan status sosial ekonomi mempunyai hubungan signifikan dengan prestasi belajar sisiwa sebesar 0,48. Maka dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif antara Status Sosial Ekonomi dengan Prestasi Belajar. This study aims to determine the correlation between Socioeconomic Status with Learning Achievement on student of SMK Bina Siswa Utama Bekasi. This research was done in SMK Bina Siswa Utama Bekasi for 3 months starting from October-Desember 2010. This study used a survey method through correlation approach. The study population was all students of SMK Bina Siswa Utama Bekasi, amounting to 982 students. While the population is affordable XI grade students numbering 286 students. Proportional sampling technique uses random sampling in order to obtain a sample of 158 students. Instruments used for the X variable Socioeconomic status was measured using ordinal scale data taken from student registration documentation of the book which is then divided into three categories : basic, intermediate, and high. For the variable Y Learning Achievement drawn from the report book which is also divided into four categories: Very good, good, sufficient and less. Testing the hypothesis by using the formula Z distribution through the transformation of gamma, obtained Zo of 2.66 compared with 1.645 for Zt thus Zo (2.66) > Zt (1.645), then Ho is rejected, this suggests that there is a significant positive correlation between Socioeconomic Status with Learning Achievement. From the calculation, G = 0.48 included in the level of relationship is distinguished. This shows the socioeconomic status has a significant relationship with learning achievement. Then it can be concluded that a positive correlation exists between Socioeconomic Status with Learning Achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Roni Faslah, S.Pd. M.M 2) Umi Widyastuti, SE. M.E
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 22:22
Last Modified: 30 Jun 2022 22:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31260

Actions (login required)

View Item View Item