PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI YANG MENGGUNAKAN METODE BERDASARKAN MASALAH DENGAN METODE CERAMAH DI SMK TAMAN SISWA I KEMAYORAN JAKARTA PUSAT

YOGA SETIA PRIHADI, . (2010) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI YANG MENGGUNAKAN METODE BERDASARKAN MASALAH DENGAN METODE CERAMAH DI SMK TAMAN SISWA I KEMAYORAN JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI YOGA SETIA PRIHADI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah hasil belajar ekonomi yang menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah. Berdasarkan teori dan konsep serta kerangka berpikir, maka dirumuskan hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dari pada yang menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan di SMK TAMAN SISWA Jakarta Pusat Kemayoran pada semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 selama 3 bulan terhitung mulai bulan September 2010 sampai dengan bulan November 2010. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas yang berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa objektif tes sebanyak 15 soal dari 3 kali pertemuan. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi siswa kedua kelas tersebut. Data yang dikumpulkan dianaisis menggunakan t-tes pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil data harga thitung yang diproleh adalah 16,41 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) 62 adalah 1,68. Ini berarti harga t hasil perhitungan lebih besar dari harga t tabel, sehingga harga t hitung signifikan untuk menolak H0 pada taraf signifikansi 0,05. Dari perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t) diperolah hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi yang menggunakan metode berdasarkan masalah X1 = 79,70 lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi siswa dengan mengguakan metode ceramah X2 = 64,26 The objective of this research is to find out empirically whether the student's learning outcomes with problem based method is higher than student's learning outcomes with explanation method. Based on the theories, concepts and thinking framework exist, it could be formulated the hypothesis of research which claim that the student's economic learning achievement with problem based method is higher than those with explanation method. This research is conducted at Taman Siswa Senior High School Jakarta on anomalous semester of 2009/2010 year school since November 2009 and January 2010. The method used m this research was quasi experiment, with two classes being it sample 64 student's respectively. The samples were taken by using cluster random sampling technique. The research instruments used was objective test which number question are 15 with 3 meet. The data existed being analyzed by using t-test on significance of 0.05. from the result of analysis conducted, that t count was 16,41 while t table on significance of 0,05 with unimpeded (free) degree [dk] 62 was 1,68. it means that t count is bigger that t table so that t count was significant to deny Ho on significance of 0,05. This research result concluded that the student's achievement in economic learning by using problem based method which X1 = 79,70 is higher student's achievement in economic learning by using explanation method which X2 = 64,26

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra Nuryetty Zain, M.M, 2) Maesaroh SE, Msi,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 23:55
Last Modified: 30 Jun 2022 23:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31270

Actions (login required)

View Item View Item