HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN GURU DENGAN DISIPLIN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 106 JAKARTA TIMUR

YOHANA EVITAMA, . (2011) HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN GURU DENGAN DISIPLIN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 106 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Yohana (8125067609).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepemimpinan guru dengan disiplin siswa pada mata pelajaran ekonomi dan mengetahui seberapa erat hubungan kepemimpinan guru dengan disiplin siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 106 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan Oktober sampai Desember 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 106 Jakarta Timur sebanyak 840 siswa, dan populasi terjangkaunya adalah siswa IPS kelas XI yang berjumlah 160 siswa. Sampel yang digunakan adalah 110 orang siswa dengan menggunakan teknik proporsional. Data variabel Y (disiplin siswa pada mata pelajaran ekonomi) dan data variabel X (kepemimpinan guru) merupakan data primer, instrument yang digunakan adalah berbentuk kuesioner. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstruk (Construct Validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrument variabel Y (disiplin siswa pada mata pelajaran ekonomi) sebesar 0,894, sedangkan hasil reliabilitas instrument variabel X (kepemimpinan guru) sebesar 0,923. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 17,78 + 0,695 X. Hasil uji normalitas lilifors menghasilkan Lhitung = 0,034 sedangkan Ltabel untuk n = 110 pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,084. Karena Lhitung ˂ Ltabel variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (78,47) ˃ Ftabel (3,91) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (0,98) ˂ Ftabel (1,62) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linear. Uji koefisiensi korelasi product moment menghasilkan rhitung = 0,649. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji�t, menghasilkan thitung (8,86) ˃ ttabel (1, 67). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepemimpinan guru ekonomi dengan disiplin siswa. Dengan uji koefisien determinasi atau penentu diperoleh hasil 42,08% variabel disiplin siswa pada mata pelajaran ekonomi (Y) ditentukan oleh kepemimpinan guru (X). This research aim to determine wheter are a connection between Leadership Of Teacher With Students Discipline on Economic Subjects and knowing how close correlation between Leadership Of Teacher With Students Discipline on Economic Subjects At SMA Negeri 106 East Jakarta. This Research was conducted for three month, starting from October to Desember 2010. Research method used by method survey with approach correlational. The population of this study are all students of East Jakarta SMA 106 as much as 840 students, and the population reached from this research is that social students of XI as much as 160 students. Samples used as many as 110 social students of XI using proportional sampling (proportional random sampling technique). To encompass both the data variables of the study, the instruments used for the variable Y (students discipline on economic subjects) is a form of questionnaire and the variable X (leadership of teacher) is a form of questionnaire. Prior to use, test the validity of the constructs (constructs Validity) through the validation process is the calculation of correlation coefficient with total score item scores and test reliability with Cronbach alpha formula. Instrument reliability results of variable Y (students discipline on economic subjects) equal to 0.894, while for X variables (leadership of teacher) at 0.923. Test requirements analysis is to find the regression equation obtained was Ŷ = 17.78 + 0.695 X. Results liliefors normality test = 0.034 while the yield Lhitung Ltabel for n = 110, at the level of significance (α = 0.05) was 0.084. Because Lhitung < Ltabel the variables X and Y have normal distribution. Hypothesis testing with regression significance test produces Fhitung (78.47) > Ftable (3.91) which means the regression equation significantly. Linearity test Fhitung of regression produces (0.98) < Ftable (1.62) thus concluded that the linear regression equation. Test of product moment correlation coefficient = 0.649 produces rhitung. Furthermore, correlation coefficient significance test was done using t-test, resulting in thitung (8.86) > ttable (1.67). The results concluded that there is a positive correlation between leadership of teacher with students discipline on economic subjects at SMAN 106 East Jakarta. With a decisive test of the coefficient of determination or 42.08% variable results obtained by the students discipline on economic subjects (Y) is determined by the leadership of teacher (X).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Siti Nurjanah, M. Si., 2) Karuniana Dianta AS, S.IP. ME.,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 23:58
Last Modified: 30 Jun 2022 23:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31271

Actions (login required)

View Item View Item