HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA IPS PADA SMA NEGERI 30 JAKARTA

SRI LESTARI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA IPS PADA SMA NEGERI 30 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SRI LESTARI.pdf

Download (740kB)

Abstract

Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Kelas Sepuluh Siswa IPS SMA Negeri 30 Jakarta. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 30 Jakarta yang beralamat di Jl. Rawasari Jakarta Pusat. Waktu penelitian dilaksanakan selama tiga bulan terhitung sejak bulan Januari 2011 sampai dengan bulan April 2011. Tempat penelitian ini dilakukan di SMA N 30 Jakarta yang beralamat di jalan Jend.A.yani, Cempaka putih Jakarta Pusat. Selain itu dapat diakses melalui http://sman30-jkt.sch.id. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2011. Metode penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasial dan menggunakan data primer. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah 100 siswa kelas sepuluh dan sampel yang digunakan adalah 89 siswa di SMA Negeri 30 Jakarta. Dari hasil perhitungan dengan persyaratan uji persamaan regresi yang digunakan adalah regresi linier sederhana yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dua variabel. Dari hasil perhitungan, diketahui persamaan regresi linier adalah ^ Υ = 52,18 + 0,31 X dimana a = 52,18 dan b = 0,31. Pengujian normalitas taksiran regresi Y atas X dilaksanakan dengan uji liliefors pada taraf signifikan ( α = 0,05 ), untuk sampel sebanyak 89 orang dengan kriteria pengujian berdistribusi normal apabila )()( ohitung < LLLL ttabel dan sebaliknya apabila )()( ohitung > LLLL ttabel maka galat taksiran regresi Y atas X tidak berdistribusi normal. Dengan demikian dapat kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi di SMA Negeri 30 Jakarta. This study aims to determine whether there is any relationship between Motivation Learning with Learning Outcomes Subject Economics Year Ten Students At IPS SMA 30 Jakarta. Place of research conducted in SMA Negeri 30 Jakarta Jl. Rawasari Central Jakarta. Time studies conducted over three months from January 2011 to April 2011. Place the study was conducted in SMA N 30 Jakarta which is located on the road Jend.A.yani, white Cempaka Jakarta. Moreover, it can be accessed through http://sman30-jkt.sch.id. The study was conducted in April through May 2011. The method of research using survey methods with korelasial approach and use of primary data. Affordable population in this study were 100 students in grade ten and the sample used is 89 students at SMAN 30 Jakarta. From the results of test calculations with the requirements of the regression equation used is a simple linear regression that aims to find out if there is a relationship between two variables. From the calculation, note the linear regression equation was 52.18 + 0.31 = X where a = 52.18 and b = 0.31. Testing normality of the estimated regression of Y on X liliefors test conducted by the significant level (= 0.05), to sample as many as 89 people with normally distributed if the testing criteria and vice versa if the error estimate of the regression of Y on X is not normally distributed. Thus it can be concluded that there is a positive relationship between motivation to learn with the learning outcomes of students in economics lesson in SMA Negeri 30 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Leti Latifah, MM 2) Dra. Andartari, MPd.MA.k
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jul 2022 00:29
Last Modified: 01 Jul 2022 00:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31278

Actions (login required)

View Item View Item