FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB SISWA MENYONTEK (Survey pada Siswa SMA NEGERI 106 JAKARTA)

ANI TRI ASTUTI, . (2011) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB SISWA MENYONTEK (Survey pada Siswa SMA NEGERI 106 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai faktor�faktor penyebab siswa menyontek di SMA Negeri 106 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Jakarta dengan subjek penelitian siswa kelas X, XI, dan XII yang diindikasikan memiliki perialaku menyontek yang tinggi saat mengerjakan tugas sekolah maupun saat mengerjakan soal-soal ujian. Populasi penelitian ini berjumlah 557 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling (sampel bertujuan) sebanyak 10% dari 557 siswa yaitu 55 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner mengenai faktor-faktor penyebab siswa menyontek dengan jumlah butir valid sebanyak 38 butir dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,940 yang berarti instrument tersebut dapat dikatakan sangat tinggi dan layak digunakan sebagai alat pengumpul data; analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentas Implikasi penelitian ini adalah siswa menjadi pribadi yang tidak mau berusaha untuk mencapai tujuan yang diinginkannya, mudah menyerah, tidak membuat seseorang menjadi bertambah pintar, tidak adanya kepercayaan diri siswa, dan tidak adanya kejujuran pada diri siswa. Menyontek juga memiliki dampak yang cukup besar bagi siswa dimasa yang akan datang karena siswa akan terbiasa menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya tanpa mau bersusah payah dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakannya. Menyontek juga dapat membuat siswa menjadi pribadi yang tidak jujur, padahal nilai kejujuran sangat penting didalam kehidupan seseorang. Bila seorang siswa sudah terbiasa untuk tidak jujur, maka kebiasaan tersebut tentu bisa terus melekat didalam dirinya hingga usianya mencapai dewasa. Oleh karena itu diperlukan adanya kerjasama antara phak sekolah danpihak keluarga, yaitu dengan melalui pendekatan secara pribadi kepada siswa dan dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dari kecil. This study aims to gain an overview of the factors that cause students to cheat in SMA Negeri 106 Jakarta. The study was conducted in Jakarta District High School students with research subjects in class X, XI, and XII which indicates a high perialaku cheating when doing schoolwork or when doing the exam questions. The study population consisted of 557 students by sampling using purposive sampling technique sampling (samples intended) as much as 10% of 557 students is 55 students. The data was collected with a questionnaire about the factors that cause students to cheat by the number of valid points, 38 points and the reliability coefficient of 0.940 which means the instrument can be said to be very high and is suitable for use as a means of data collection; data analysis done using descriptive analysis techniques persentas The implication of this study were students become people who do not want to try to achieve the desired goal, give up easily, do not make a person grow smarter, less confident students, and lack of honesty in students. Cheating also have a considerable impact for students in the future because the students will be used to justify any means to achieve the goal without the bother and sincere in implementing it. Cheating can also make students become people who are not honest, but honesty is very important in a person's life. If students are used dishonest, then it can certainly continue the habit of sticking in him until he reaches adulthood. Therefore we need cooperation between schools danpihak phak family, namely through a personal approach to students and to the religious values of the small.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Retty Filliani 2) Dr. Anwar Kasim, M. Psy
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jul 2022 01:06
Last Modified: 01 Jul 2022 01:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31279

Actions (login required)

View Item View Item