MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KERJA DI KELAS II SDN SRENGSENG 06 PAGI KEMBANGAN - JAKARTA BARAT

DEASY ARYANI PURWANINGRUM, . (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KERJA DI KELAS II SDN SRENGSENG 06 PAGI KEMBANGAN - JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CD skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung operasi perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media kartu kerja pada siswa kelas II. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari s/d Mei 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas II SDN Srengseng 06 Pagi Jakarta Barat sebanyak 38 orang, fokus penelitian ini penggunaan media kartu kerja untuk meningkatkan kemampuan berhitung operasi perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SD. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklusnya menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif yang menghasilkan peningkatan persentasi kemampuan berhitung operasi perkalian dan pembagian. Hasil analisis membuktikan setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama jumlah siswa yang mendapat nilai  6 sebanyak 55% sedangkan pada siklus kedua jumlah siswa yang mendapat  6 sebanyak 82%. Implikasi hasil penelitian ini adalah penggunaan media kartu kerja dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung operasi perkalian dan pembagian SDN Srengseng 06 Pagi Jakarta Barat. Namun penggunaannya harus memperhatikan sikap siswa dalam menjawab perkalian dan pembagian agar diperoleh jawaban yang tepat. The purpose of this research is to know whether workcard media multiplication and division operating used to improve. The ability of the multiplication and division operating toward the student second grade. The research is held in February to May 2011 and the samples are 38 student in the second grade of State Elementary School of Srengseng 06 West Jakarta. The research focuses on the use of multiplication and division operating by workcard media toward the second grade student. The research is implemented in two cycles. Each cycles uses procedures such us planning, implementation, observation, and reflection. The data analysis of this research uses the qualitative and quantitative data affecting the improvement of percentage of the arithmetic ability multiplication and division operating. The result of the research shows that the number of student who get  6 is 55% after doing an action at the first cycle. Mean while in the second cycle, student who get  6 are 82%. The implication of the research is that workcard media in lesson is able to improve the ability of the multiplication and division operating toward the second grade of State Elementary School of Srengseng 06 West jakarta. Using the media, the teacher needs to concern the attitude of the students in answering the problems given so that the best answers are found.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Siti Rohmi Y., M.Pd 2) Dra. Endang M. Kurnianti, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jul 2022 01:10
Last Modified: 01 Jul 2022 01:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31280

Actions (login required)

View Item View Item