KRITERIA KEPRIBADIAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING YANG DIHARAPKAN OLEH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI I CIKUPA TANGERANG

KOKOM KOMALASARI, . (2011) KRITERIA KEPRIBADIAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING YANG DIHARAPKAN OLEH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI I CIKUPA TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lampiran 1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
Lampiran 3.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kriteria kepribadian guru bimbingan dan konseling yang diharapkan oleh siswa kelas XI di SMA Negeri I Cikupa Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 320 orang siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang diambil 20% dari 320 siswa yaitu 64 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket tertutup dalam bentuk skala Likert dengan lima pilihan jawaban yang berisi 68 butir pernyataan dan setelah diujicobakan terdapat 57 butir pernyataan yang valid dan 11 butir pernyataan yang tidak valid. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment Perason yang dilakukan dengan bantuan SPSS 16.00 for windows dan dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,30, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh r11 sebesar 0,949 yang menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan reliabel. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kriteria kepribadian guru bimbingan dan konseling yang diharapkan oleh siswa kelas XI di SMA Negeri I Cikupa Tangerang dengan persentase tertinggi berada pada indikator Personal Security (memiliki rasa aman) sebesar 30%, persentase tertinggi kedua adalah indikator Genuiness (keaslian) sebesar 24%, Perceptual Sentivity (memiliki kepekaan) sebesar 22%, dan indikator terakhir dengan persentase sebesar 12% yaitu indikator Interested in helping people (berminat dalam membantu orang lain), serta Personel Adjustment (penyesuaian diri yang baik) 12% Implikasi dari penelitian ini menekankan pada guru bimbingan dan konseling untuk senantiasa mengembangkan wawasan teori dan praktek mengenai kepribadian yang efektif bagi guru bimbingan dan konseling karena kepribadian guru bimbingan dan konseling yang sesuai dengan harapan siswa merupakan faktor terpenting dalam konseling yang menentukan keberhasilan dalam layanan bimbingan dan konseling. This reseach was aimed to get the description of the criterions of guidance and counseling teachers personality which are expected by the students in XI grade of SMAN I Cikupa Tangerang. The research method that was used was descriptive method. The population in this research was 320b studens. The reseacher used simple random sampling and took 20% of 320 students was 64 students as the sample. The data collecting technique was done by using close questionnaire with likert scale from which consist of 68 statements and had five choices for the answer. After it had been tried out, the researcher got 57 valid statements and 11 in valid statements. The validity test was done by using corelation Product Moment Pearson with SPSS 16.00 for windows and it was consulted with rtabel at 5% significant value was 0,30. Meanwhile, the reliability test used Alpha Cronbach formula and it got r11 was 0,949 it showed the instrument was reliabel. The result of the described the criterions of guidance and counseling teachers personality which are expected by the student in XI grade of SMAN I Cikupa Tangerang with the highest percentage in indicator Personal Security was 30%, the second indicator Genuiness was 24%, Perceptual Sentivity was 22%, and the percentage of the last indicator was 12% Interested in helping people and Personel Adjustment The implication of this research was emphasizing the guidance and counseling teachers in order to develop knowledge both teories and its application about the criterions of the effective personality for the guidance and counseling teachers based on the students expectation is the important aspect in the guidance and counseling which determine the sucsess of the counseling it self.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jul 2022 01:13
Last Modified: 01 Jul 2022 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31281

Actions (login required)

View Item View Item