PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN

ANGGI ARIS RINALDI, . (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text
3. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (157kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (85kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (83kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media pembelajaran berbasis audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan pada siswa kelas X TGB di SMK Negeri 56 Jakarta. Penelitian berlangsung dari November 2016 sampai dengan Januari 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian nonequivalent control group design, yaitu penelitian yang dilakukan dalam satu populasi yang telah dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok kelas eksperimen diberikan perlakuan media audio visual sedangkan untuk kelas kontrol diberi perlakuan media konvensional, selain itu media pembelajaran yang dibuat divalidasi terlebih dahulu oleh beberapa ahli untuk mendapatkan kelayakan uji coba. Selanjutnya uji coba dilakukan pada peserta didik kelas X bidang keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 56 Jakarta yang berjumlah 56 siswa. Analisis data menggunakan uji-t dua pihak sample independen melalui program aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian ini adalah : Berdasarkan nilai hasil belajar yang diperoleh, pada kelas eksperimen rata-rata nilai pre-test sebesar 55,79 dan terjadi peningkatan yang signifikan di hasil post-test dimana pada kelas eskperimen mendapatkan nilai ratarata sebesar 89,54. Sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata nilai pre-test yang diperoleh sebesar 62,39 dan pada saat post-test memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,61. Kelas eksperimen memperoleh selisih rerata hasil belajar (pre-test & posttest) ilmu bahan bangunan sebesar 33,75 dan peningkatan yang terjadi sekitar 16,88%. Sedangkan pada kelas kontrol, selisih rerata hasil belajar (pre-test & posttest) ilmu bahan bangunan sebesar 20,22 dan peningkatan yang terjadi sebesar 10,11%. Maka hal tersebut mengindikasikan bahwa penggunaan media audio visual turut berperan dalam peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran konstruksi bangunan pada siswa kelas X TGB di SMK Negeri 56 Jakarta. This study aim to determine the role of audio visual media based learning to improve student learning outcomes in building construction subjects in class X TGB in SMK Negeri 56 Jakarta. Research lasted from November 2016 until January 2017. This research using experimental methods to form nonequivalent control group design study, the research carried out in a population that has been divided into two groups. Group 1 called experiment class will be treatment by the audio visual media and group 2 called control class will be treatment by the conventional media, in addition to the media that were made are validated in advance by some expert to get feasibility trial. Further trials conducted on student of class X TGB at SMK Negeri 56 Jakarta totaling 56 student. The data analysis using t-test two parties independent sample through an application program SPSS 23. The result of this research are : Based on the study result obtained, the experiment class average pre-test score of 55,79 and get a significant increase in post-test result in which class experiment get the average value of 89,54. And for the control class average pre-test score of 62,39 and get a increase in the post-test average value of 82,61. the experiment class gained a mean difference of learning outcomes (pre-test and post-test) the building material subject amounted to 33,75 and the improvement that occured around 16,88%. While in the control class the mean difference in learning outcomes (pre-test and post-test) the building material subject amounted to 20,22 and the improvement that occured at 10,11%. Then it indicates that the use of audio visual media play role in improving student learning outcomes in the experiment class. It can be concluded that there is a positive effect on the use of audio visual media in improving learning outcomes in bulding construction subject in class X TGB SMK Negeri 56 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Daryati, M.Pd 2) Dr. Riyan Arthur, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:00
Last Modified: 01 Jul 2022 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31295

Actions (login required)

View Item View Item