ALFI AZIZAH, . (2017) PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GAYA (STYLE) BUSANA WANITA PADA MATA KULIAH DESAIN BUSANA I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skripsi alfy azizah 5525120439.pdf Download (5MB) |
Abstract
Peneliti membuat media pembelajaran dalam bentuk CD pembelajaran yang di dalamnya mencakup berbagai komponen media, di antaranya: layout, teks, audio gambar dan animasi. Media CD pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan Adobe Photoshop CS6 dan Macromedia Flash 8. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain pra-eksperimental. Penelitian ini menggunakan pengujian internal expert review (penilaian ahli dan praktisi) dan pengujian eksternal field evaluation (evaluasi lapangan). Pengujian internal dilakukan terhadap 2 ahli media dan 2 ahli materi. Pengujian eksternal dilakukan terhadap 30 mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Desain Busana 1 sebagai pengguna. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan skala penilaian rating scale dan skala likert. Media CD pembelajaran dinyatakan baik berdasarkan hasil dari penilaian panelis ahli media berdasarkan aspek media dengan indikator layout, teks, gambar, audio, dan animasi, dan memperoleh hasil dengan prosentase 82,5% dari hasil sempurna (100%). Penilaian juga dilakukan oleh panelis ahli materi berdasarkan aspek materi dengan indikator kesesuaian/relevansi, kemudahan, kemenarikan, dan kemanfaatan, dan memperoleh hasil dengan prosentase 87,5% dari hasil sempurna (100%). Berdasarkan pendapat mahasiswa selaku pengguna, 42,8% berpendapat baik dan 57,2% berpendapat sangat baik dilihat dari seluruh indikator yang diberikan. Hasil penelitian penilaian media CD pembelajaran materi gaya (style) busana wanita pada mata kuliah desain busana 1 menunjukkan bahwa media CD pembelajaran ini baik untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar. Hasil ini diperoleh dari penilaian panelis ahli media dan ahli materi serta diperkuat dengan pendapat siswa sebagai pengguna media CD pembelajaran gaya (style) busana wanita. Researcher created a learning media into CD learning that including various media components: layout, text, audio, images, and animation. This CD learning media made by using Adobe Photoshop CS6 and Macromedia Flash 8. This research using experimental method with pre-experimental design. This research using internal testing expert review (media experts and lecturers opinions) and external testing field evaluation (field evaluation). Internal testing expert view consisted by 2 media experts and 2 lecturers. External field evaluation consisted by 30 students that has been took Fashion Design 1 subject as users. Analyze data method using descriptive statistic with Rating scale and Likert scale. CD learning media indicated good based on results of expert assessment for media based on aspect of media with indicators layout, text, images, audio and animation, and its obtained results with 82,5% of perfect result (100%). Assessment was also made by lecturer as material expert based on the material aspects with indicators relevance, convenience, attractiveness, and usefulness, and its obtained results with 87,5% of perfect result (100%). Based on student’s opinion as users, 42,8% contended good and 57,2% contended very good based from all given indicators. Research’s result for assessment of CD learning media material women fashion style in subject fashion design 1 has shown that CD learning media is good to use for learning source alternative. This results obtained by media experts and lecturer’s assessments and in addition with student’s opinions as CD learning media material women fashion style users.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) M. Noerharyono, M. Pd 2) Dra. Melly Prabawati, M. Pd |
Subjects: | Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 03:15 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 03:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31312 |
Actions (login required)
View Item |