AIDA MUTIA HASNA, . (2017) SIKAP MAHASISWA TATA BUSANA TERHADAP FASHION BLOG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (513kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa tata busana terhadap fashion blog. Adapun penelitian ini dilakukan di jurusan IKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta pada bulan September 2016 hingga Februari 2017. Penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif dan cara pengambilan sa mpel dengan cara survey. Untuk mengukur variabel Sikap Mahasiswa Tata Busana Terhadap Fashion Blog. Dengan jumlah populasi 144 mahasiswa dan didapat 87 responden. Menggunakan teknik sampling insidental. Peneliti membuat angket atau kuesioner. Prosedur pengumpulan data melalui tahap penyebaran angket kepada responden. Tahapan penelitian berupa pendeskripsian data yang telah terkumpul, dengan persentase jawaban yang berasal dari angket. Hasil penelitian berupa deskripsi data yang terdiri dari tiga indikator untuk mengukur sikap yaitu indikator kognisi, indikator afeksi, dan indikator konasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tata busana memiliki aspek kognisi yang paling tinggi terhadap fashion blog, sebesar 89% dari jumlah sampel memiliki pengetahuan terhadap fashion blog, indikator tertinggi berikutnya adalah afeksi yaitu sebesar 73,6% dari jumlah sampel memiliki ketertarikan terhadap fashion blog, dan 63,3% mahasiswa memiliki indikator konasi atau sikap menerima terhadap fashion blog, yang dapat diartikan mahasiswa aktif melihat, membaca dan mengikuti fashion blog. Penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk memberi informasi dan motivasi terutama dalam meningkatkan kualitas pengetahuan dan keahlian mahasiswa tata busana dalam bidang fashion. The study aims to determine students' attitude towards into fashion blog. The research was conducted at the Department of IKK Faculty of Engineering, State University of Jakarta in September 2016 to February 2017. The research is descriptive with quantitative approach. To measure variables Student Attitudes Toward into Fashion Blog. With a population of 144 students and gained 87 respondents. Using sampling techniques incidental. As for the attitude of the students in the study done by the survey. Researchers developed questionnaires or questionnaires. Results of the research is a description of data that consists of three indicators to measure attitudes, they are indicators of cognition, indicators of affection, and indicators of conative, the results showed that the students of fashion design have aspects of cognition the highest for fashion blog, amounting to 89% of the total sample had knowledge of the fashion blog, the next highest indicator is the affection that is equal to 73.6% of the total sample had an interest in fashion blogs, and 63.3% of the students have conative indicator or accepting attitudes towards fashion blog, which can be interpreted that students are active see, read and follow fashion blog. This research is expected to be useful to provide information and motivation, especially in improving the quality of student knowledge and expertise in the field of fashion fashion.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Suryawati, M.Si 2) Esty Nurbaity Arrsy, M.KM |
Subjects: | Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 03:59 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 03:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31323 |
Actions (login required)
View Item |