PENGEMBANGAN ALAT PERAGA VISKOSITAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA

AGUS YULIYONO, . (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA VISKOSITAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Tesis Agus Yuliyono.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pengembangan alat peraga viskositas dapat meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan mengacu kepada model ASSURE. Hasil uji validasi ahli materi menunjukkan bahwa alat peraga viskositas yang dikembangkan memiliki kebenaran atau ketepatan yang tinggi, dengan skor rata-rata 92,7%. Ahli media menilai 81,8% terhadap media yang dikembangkan, berarti alat peraga viskositas layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini dinilai dan bermanfaat oleh guru dengan apresiasi 94,1%. Dan hasil uji coba penggunaan alat peraga yang sudah dikembangkan menunjukkan bahwa siswa senang dan merasa mudah dalam memahami materi pelajaran. Hasil belajar kelompok siswa yang diajar menggunakan alat peraga yang dikembangkan lebih baik dibandingkan kelompok yang diajar dengan alat peraga sebelum dikembangkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat peraga viskositas yang sudah dikembangkan layak dan efektif dalam pembelajaran fisika SMA. The purpose of this study was to find out that the development of props can increase the viscosity of the science process skills. This research uses methods of research and development refers to the model ASSURE. Expert validation test results showed that props material viscosity develop to own the truth or a high accuracy with an average score of 92,7%. Media exparts assess 81,8% against the media develop, meaning props worthy viscosity is used as a medium of learning physics. Test result show that the media is valued and useful by teachers whit an appreciation of 94,1%. Result and try using the tools prop that has been developed indicates that studens are happy and find it easy to understand the subject being developed. Thus it can be concluded that the props viscosity already developed feasible and effective in teaching high school physics.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Betty Zelda Siahaan MM 2) Dr. Esmar Budi, MT
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:35
Last Modified: 01 Jul 2022 04:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31329

Actions (login required)

View Item View Item