UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)

AGUNG PRATAMA JUNIANTO, . (2017) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi agung lengkap(1).pdf

Download (1MB)
[img] Image
IMG-20170824-WA0002.jpg

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Mekanika Teknik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas X PM 1 di SMK Negeri 5 Jakarta. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi kegiatan tiap siklus pada proses penelitiannya, dimana setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini menggunakan dua siklus penelitian tindakan dan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Tempat penelitian di SMK Negeri 5 Jakarta yang dilakukan pada tanggal 20 Februari 2017 hingga 15 Mei 2017. Subjek penelitian ialah siswa kelas X PM 1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan catatan lapangan, lembar observasi guru serta tes tiap siklus. Peningkatan Hasil belajar dapat dilihat dimana pada siklus I terdapat 29 dari 32 siswa atau 90 % mendapatkan nilai ≥75, pada siklus II terdapat 32 dari 32 siswa atau 100 % mendapatkan nilai ≥75,terdapat peningkatan sebesar 10 % dari siklus I, dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥75, terbukti pada siklus I terdapat 29 dari 32 siswa atau 90 %, pada siklus II terdapat 32 dari 32 siswa atau 100% meningkat sebesar 10 %bdari siklus I. This research to improve learning outcomes on Engineering Mechanics course using Problem Based Learning on X PM I students at SMK Negeri 5 Jakarta. This type of research is a classroom action research include every cycle in the research process, where each cycles has four stages, namely planning, action, observation, and reflection. In this research using two cycle and using problem based learning. Place of research at SMK Negeri 5 Jakarta on 20 February to 15 May 2017. Subject of research is X PM I students by the numer students 32 people. Data retrieval is done using field note, teacher observation sheet, and cycle tes. Improving learning outcomes can be seen where at cycle I be found 29 from 32 students or 90 % get the value ≥75, at cycle II be found 32 from 32 students get the value ≥75, there is an increase of 10 % from cycle I. It can be concluded there is an increase learning outcomes students using problem based learning model. Application problem based learning model can improve learning outcomes students until it reaches the minimal mastery criteria (KKM) ≥75, proven in cycle I be found 29 from 32 students or 90%, on cycle II be found 32 from 32 students or 100 % increased by 10 % from cycle I.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Adi Tyassmadi, M.Pd 2) Dr. Priyono, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:38
Last Modified: 01 Jul 2022 04:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31330

Actions (login required)

View Item View Item