PERILAKU SOSIAL FOMO PADA GENERASI Z (Studi Kasus Pada Mahasiswa Generasi Z Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Jakarta)

FARHAN AJI NUGROHO, . (2021) PERILAKU SOSIAL FOMO PADA GENERASI Z (Studi Kasus Pada Mahasiswa Generasi Z Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Farhan Aji Nugroho.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan; pertama, penelitian ini menyelidiki bagaimana fenomena perilaku FOMO pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ yang tergolong pada generasi Z. Kedua, Untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi pembentukan perilaku FOMO pada generasi Z. Ketiga, untuk mendeskripsikan bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh perilaku FOMO generasi Z. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah paradigma perilaku sosial dengan teori behaviorisme yang digagas oleh B.F Skinner. Teori ini nantinya akan menjelaskan bagaimana kaitan fenomena perilaku FOMO pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi yang tergolong generasi Z kepada lingkungan di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dari penelitian ini terdiri dari empat orang mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi UNJ yang telah memasuki semester 5 ke-atas sebagai informan kunci. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, hingga studi literatur sejenis. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga April 2021. Penelitian ini mengungkapkan bahwa perilaku FOMO yang dilakukan oleh para subjek dipengaruhi pembentukannya oleh lingkungan sekitar melalui konsekuensi penguat positif yang diberikan oleh lingkungan sekitarnya. Konsekuensi penguat tersebut akhirnya mempengaruhi subjek untuk melakukan perilaku FOMO secara berulang karena dianggap sebagai sesuatu yang positif dan membawa keuntungan bagi para subjek. Faktor inetrnal yang mempengaruhi perilaku FOMO pada para subjek diantaranya adalah; perasaan insecure atas eksistensi diri pada lingkungannya, perasaan untuk selalu relate dengan lingkungannya, kepribadian ekstrovert yang dominan, hingga pola pikir yang berorientasi pada kebersamaan dengan teman-temannya di setiap saat. Faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku FOMO pada diri subjek diantaranya adalah; ikatan pertemanan yang kuat, media sosial yang mempermudah segala aktivitas komunikasi hingga mendapatkan informasi, pengakuan eksistensi diri oleh sirkel pertemanannya, hingga sirkel pertemanan yang dapat memenuhi kebutuhan subjek akan support system bagi diri subjek. Dampak yang dirasakan oleh para subjek diantaranya adalah; terjaganya hubungan informan/subjek dengan lingkup pertemanannya, dapat lebih menghargai setiap momen, kesulitan untuk menentukan skala prioritas, dan menurunnya kondisi fisik dan finansial This research has three objectives; first, this study investigates how the phenomenon of FOMO behavior in UNJ Sociology Education students belonging to generation Z. Second, to describe what factors influence the formation of FOMO behavior in generation Z. Third, to describe how the impact of FOMO behavior in generation Z. The theory used in this research is the paradigm of social behavior with the theory of behaviorism initiated by BF Skinner. This theory will later explain how the phenomenon of FOMO behavior in Sociology Education students belonging to Generation Z relates to the surrounding environment. This research uses a qualitative approach with a case study method. The subjects of this study consisted of four students of the UNJ Sociology Education Study Program who had entered semester 5 and above as key informants. The data collection method in this study was carried out by observation, in-depth interviews, and similar literature studies. The time of the study was carried out from January to April 2021. This study reveals that the FOMO behavior carried out by the subjects is influenced by its formation by the surrounding environment through the positive reinforcing consequences given by the surrounding environment. The reinforcing consequences ultimately influence the subject to perform FOMO behavior repeatedly because it is considered as something positive and brings benefits to the subjects. Internal factors that influence FOMO behavior on the subjects include; feeling insecure about one's existence in their environment, feeling to always relate to their environment, dominant extrovert personality, to a mindset that is oriented towards being together with friends at all times. External factors that influence FOMO behavior on the subject include; strong friendship ties, social media that facilitates all communication activities to get information, recognition of self�existence by the circle of friends, to a circle of friendship that can meet the subject's need for a support system for the subject. The impacts felt by the subjects include; maintaining the relationship between informants/subjects with their circle of friends, being able to appreciate every moment more, difficulties in determining priorities, and decreasing physical and financial conditions

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Svaifudin, S.Pd., M.Kesos ; 2). Meila Riskia Fitri, S.Pd, M.A
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 05:33
Last Modified: 04 Jul 2022 05:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31346

Actions (login required)

View Item View Item