STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT

FITRIYA ANANDA, . (2021) STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FITRIYA ANANDA-1408518062-TUGAS AKHIR KARYA ILMIAH Final TAKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemilihan instagram sebagai media sosial juga digunakan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Dalam fungsinya Humas DJPL menggunakan Instagram sebagai media publikasi terkait informasi kelautan. Namun dalam ada pengelolannya kurangnya interaksi membuat engagement instagram tersebut rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengelolaan media sosial Instagram oleh Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagai media publikasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Circular model of SOME (Model Sirkuler SOME) oleh Regina Lutter, yaitu terdiri dari 4 tahap yaitu, share (membagikan), optimize (optimalkan), manage(mengelola) dan engage (melibatkan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data diperoleh oleh penulis melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan pada tahap share Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melakukan proses diskusi dengan atasan terkait konten yang akan diupload. Untuk tahap optimize Humas djpl melakukan inisiatif lain agar instagram DJPL lebih menarik dengan merubah tampilan dan menggunakan fitur-fitur yang ada di instagram. Tahap manage Humas DJPL melakukan monitoring untuk akun Instagram DJPL dilakukan agar dapat memaksimalkan pengelolaan dan memantau interaksi dari followers Instagram. Pada tahap engage untuk mengajak followers berinteraksi humas DJPL membuat event menarik yaitu kuis terkait kelautan para followers terlihat aktif berkomentar dan mengikuti event tersebut. Namun event yang mendorong untuk melakukan interaksi seperti tersebut jarang dilakukan oleh Humas DJPL. Kesimpulan pada penelitian ini adalah interaksi yang dibangun dalam pengelolaan Instagram sudah dilakukan oleh humas DJPL, meski tetap menerima sedikit interaksi. Oleh karena itu mungkin humas DJPL harus lebih sering memuat konten yang mengajak interaksi antara followers. The selection of Instagram as a social media is also used by the Public Relations of the Directorate General of Sea Transportation. In its function, Public Relations of DJPL uses Instagram as a publication media related to marine information. However, in terms of processing, the lack of interaction makes Instagram engagement low. The purpose of this study was to determine the management of Instagram social media by the Public Relations Director General of Sea Transportation as a publication media. The theory used in this study is The Circular model of SOME by Regina Lutter, which consists of 4 stages: share, optimize, manage and engage. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. Data collection was obtained by the author through in-depth interviews, observation and documentation. The analysis technique used in this research is data reduction, data presentation and verification or conclusion. The results of this study indicate that at the stage of sharing the Public Relations of the Directorate General of Sea Transportation, the discussion process with superiors regarding the content to be uploaded. For the optimization stage, Public Relations, DJPL has carried out other initiatives to make Instagram DJPL more attractive by changing the appearance and using the features on Instagram. The stage of managing Public Relations of DJPL is monitoring for DJPL's Instagram account in order to maximize management and monitor follower interactions. Instagram. At the engage stage, to invite followers to interact with public relations, DJPL created an interesting event, namely a quiz related to marine affairs, the followers were seen actively commenting and participating in the event. However, events that encourage such interactions are rarely carried out by Public Relations of DJPL. The conclusion of this study is that the interactions that are built in Instagram management have been carried out by DJPL's public relations, although they still receive little interaction. Therefore DJPL public relations should more often create content that invites interaction between followers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Wasono Adi, M.PC
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > D III Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 05:46
Last Modified: 04 Jul 2022 05:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31354

Actions (login required)

View Item View Item