STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS BADAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI, DAN GEOFISIKA DALAM PUBLIKASI INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK

ACHMAD ARYO CHANDRA WIBOWO, . (2021) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS BADAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI, DAN GEOFISIKA DALAM PUBLIKASI INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TAKI - Achmad Aryo.pdf

Download (738kB)

Abstract

Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bertugas untuk memberikan informasi seputar mitigasi bencana ke masyarakat, dalam menyampaikan informasi tersebut humas BMKG menggunakan media sosial TikTok sebagai media publikasinya. Tetapi, interaksi khalayak yang didapat pada konten yang bersifat keilmuan lebih rendah dengan konten yang bersifat hiburan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi humas BMKG dalam publikasi informasi melalui media sosial TikTok. Pada penelitian ini teori yang digunakan adalah perumusan strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Anwar Arifin dalam buku strategi komunikasi, sebuah pengantar ringkas yaitu Mengenal Khalayak, Menyusun Pesan, Menetapkan Taktik, dan Penggunaan Media. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data, dan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triagulasi sumber untuk menguji keabsahan data dalam penelitian. Hasil penelitian perumusan strategi komunikasi yang dilakukan oleh humas BMKG dalam publikasi informasi melalui media sosial TikTok. Mengenal Khalayak, humas BMKG melakukan riset sebelum menggunakan TikTok untuk mengetahui umur dan latar belakang pendidikan khalayaknya sebagai acuan untuk penyampaian informasi. Menyusun Pesan, humas BMKG mengikuti trend yang sedang ramai di media sosial Tiktok dengan tetap mengutamakan unsur informatif. Menetapkan Taktik, humas BMKG mengkombinasikan taktik pengulangan pesan dan memposisikan diri sebagai publiknya, agar pesan yang disampaikan dapat diterima dan tertanam pada benak khalayak. Penggunaan Media, media sosial TikTok memiliki kelebihan dalam teknologi algoritma yang memudahkan proses penyampaian informasi ke khalayak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam melakukan publikasi informasi melalui media sosial TikTok, humas BMKG mengetahui khalayak sasarannya melalui riset yang telah dilakukan sehingga penyusunan pesan dan penyampaian informasi yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan dari khalayaknya. Public Relations Agency for Meteorology, Climatology and Geophysics (BMKG) is responsible for providing information to the community about disaster mitigation, in a public relations transmit the information BMKG using social media TikTok as media publications. However, the audience interaction obtained on scientific content is lower than that of entertainment content. So this study aims to find out how the BMKG public relations communication strategy in publishing information through social media TikTok. In this study, the theory used is the formulation of the communication strategy proposed by Anwar Arifin in the communication strategy book, a brief introduction, namely Knowing the Audience, Composing Messages, Setting Tactics, and Using Media. This study uses a qualitative research approach with descriptive research methods. Data collection techniques used are observation, in-depth interviews, and documentation. In this study the authors used data analysis techniques, and data presentation, as well as drawing conclusions. This study uses source triagulation to test the validity of the data in the study. The results of research on the formulation of communication strategies carried out by BMKG in the publication of information through social media TikTok. Getting to know the audience, BMKG conducted research before using TikTok to find out the audience's age and educational background as a reference for delivering information. Composing messages, BMKG follows the trend that is currently trending onsocial media Tiktok while still prioritizing the informative element. Setting Tactics, BMKG combines message repetition tactics and positioning itself as the public, so that the message conveyed can be accepted and embedded in the minds of the audience. Using Media,social media TikTok's has advantages in algorithm technology that facilitates the process of delivering information to the public. The conclusion of this research is that in publishing information through social media TikTok, BMKG public relations know the target audience through research that has been done so that the preparation of messages and delivery of information is carried out according to the needs of the audience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Wasono Adi MPC
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi dan Komunikasi
Divisions: FIS > D III Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 05:57
Last Modified: 04 Jul 2022 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31364

Actions (login required)

View Item View Item