PERAN HUMAS BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) DALAM MERAIH PENGHARGAAN BEST OF GOVERNMENT PADA AJANG TEROPONG PUBLIC RELATIONS AWARD 2020

NOVIANTI MUTIARA PUTRI, . (2021) PERAN HUMAS BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) DALAM MERAIH PENGHARGAAN BEST OF GOVERNMENT PADA AJANG TEROPONG PUBLIC RELATIONS AWARD 2020. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TAKI - NOVIANTI MUTIARA PUTRI - 1408518085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam meraih penghargaan best of government, Humas BPK RI berupaya untuk menjalankan perannya dalam berhubungan baik dengan media maupun publik. humas BPK RI juga berupaya untuk menyampaikan informasi yang transparan kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Humas BPK RI dalam meraih penghargaan best of government pada ajang Teropong Public Relations Award 2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori mengenai peran humas yang terdiri dari teknisi komunikasi, expert prescriber, fasilitator komunikasi, fasilitator pemecah masalah yang dikemukakan oleh Dozier & Broom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu sumber data primer meliputi wawancara mendalam dan sumber data sekunder yang meliputi dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan penulis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data yang dilakukan oleh penulis yaitu triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam meraih penghargaan best of government, Humas BPK RI menjalankan peranan sebagai fasilitator komunikasi, fasilitator pemecah masalah, dan teknisi komunikasi. Namun Humas BPK RI tidak berperan sebagai expert prescriber, karena segala keputusan secara aktif berada di Pimpinan BPK dan Sekretaris Jendral, dan humas tidak turut serta di dalamnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Humas BPK RI menjalankan perannya sebagai fasilitator komunikasi, fasilitator pemecah masalah, dan teknsisi komunikasi dengan memanfaatkan E-PPID dalam penyampaian informasi kepada Publik secara transparan. Namun Humas BPK RI tidak berperan sebagai expert prescriber, karena humas BPK RI tidak berperan aktif dalam pengambilan keputusan. In winning the best of government award, BPK RI Public Relations seeks to carry out its role in dealing with both the media and the public. BPK RI public relations also strive to convey transparent information to the public. This study aims to determine the role of BPK RI Public Relations in winning the best of government award at the Binocular Public Relations Award 2020. The theory used in this study is the theory of the role of public relations consisting of communication technicians, expert prescribers, communication facilitators, problem solving facilitators proposed by Dozier & Broom. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques used are the primary data sources include interviews and secondary data sources include documentation and literature study. The data analysis technique used by the author includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data validity test conducted by the author is source triangulation. Based on the results of the research that in achieving the best award from the government, BPK RI Public Relations performs the roles of communication facilitator, problem solving facilitator, and communication technician. However, BPK RI Public Relations does not act as a prescription expert, because all decisions are actively held by the BPK leadership and the Secretary General, and PR does not participate in them. The conclusion of this research is that BPK RI Public Relations is used as a communication facilitator, problem solving facilitator, and communication technology by utilizing E-PPID in delivering information transparently. However, BPK RI PR does not act as a prescription expert, because BPK RI PR does not play an active role in decision making.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asep Soegiarto, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > D III Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:34
Last Modified: 04 Jul 2022 06:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31373

Actions (login required)

View Item View Item