ZIDANNE RAZAN LINGGA, . (2021) Efektivitas Sosialisasi Covid – 19 Pada Akun Instagram Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Jakarta Timur. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
TAKI - Zidanne R.L - 1408518024.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan yang di hadapi oleh Suku Dinas Komunikasi informatika dan Statistik Jakarta Timur adalah postingan sosialisasi terlihat hanya mendapatkan sedikit like dan komentar, hal ini membuat pertanyaan apakah sudah efektif sosialisasi yang dilakukan oleh sudin Kominfotik Jakarta Timur melalui akun Instagram mereka. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori sosialisasi, media baru, dan juga teori efektivitas dengan dimensi : pemahaman, kualitas, kuantitas, waktu, tujuan, dan akibat, pernyataan yang digunakan pada penelitian ini ada sebanyak 26 pernyataan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Data penelitian ini di dapat dari penyebaran kuisioner kepada 100 orang pengikut akun instagram Sudin Kominfotik Jakarta Timur yaitu kominfotik_jt. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah purposive sampling yaitu pengikut akun instagram kominfotik_jt yang telah melihat postingan sosialisasi. Berdasarkan hasil penelitian dimensi yang mendapatkan nilai mean tertinggi adalah pemahaman sebesar 4.23, dan yang mendapat mean terendah adalah dimensi Kuantitas dengan mean 3,49. Ini menunjukan bahwa sosialisasi yang dilakukan pada instagram kominfotik_jt sudah cukup efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sosialisasi yang dilakukan oleh Sudin Kominfotik Jakarta Timur pada akun Instagram mereka sudah cukup efektif tetapi hanya sejauh memberikan pemahaman belum dapat membuat masyarakat bergerak menyebarkan pesan sosialisasi, saran dari penulis adalah agar cara sosialisasi lebih di tingkatkan lagi. The problem faced by the East Jakarta Information Communications and Statistics Sub-department is that socialization posts seem to only get a few likes and comments, this raises the question of whether the socialization carried out by the East Jakarta Kominfotik Sub-department has been effective through theiraccounts Instagram . The theory used in this research is the theory of socialization, new media, and also the theory of effectiveness with dimensions: understanding, quality, quantity, time, purpose, and effect, the statements used in this study are 26 statements. This research approach is quantitative with descriptive research method. The data for this research was obtained from distributing questionnaires to 100 followers of the East Jakarta Kominfotik Sub-dept. instagram account, namely kominfotik_jt. The sampling technique used is purposive sampling, namely followers of the kominfotik_jt Instagram account who have seen socialization posts. Based on the research results, the dimension that gets the highest mean value is understanding of 4.23, and the one that gets the lowest mean is the Quantity dimension with a mean of 3.49. This shows that the socialization carried out on kominfotik_jt's Instagram has been quite effective. The conclusion of this research is that the socialization carried out by the East Jakarta Kominfotik Sub-dept. on their account Instagram is quite effective, but only as far as providing an understanding has not been able to make the community move to spread the message of socialization
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1). Eko Nugroho, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FIS > D III Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 06:36 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 00:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31374 |
Actions (login required)
View Item |