Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Kuliah Teknik Pulsa dalam Penggunaan Aplikasi Circuit Maker 6 Pro Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika UNJ

HENY TIFANI, . (2020) Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Kuliah Teknik Pulsa dalam Penggunaan Aplikasi Circuit Maker 6 Pro Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI-HENY TIFANI 5215154381.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran pada mata kuliah Teknik Pulsa dalam penggunaan aplikasi Circuit Maker 6 Pro di program studi Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Jakarta. Pengembangan media video pembelajaran pada mata kuliah Teknik Pulsa dalam penggunaan aplikasi Circuit Maker 6 Pro berisi video pengenalan sistem pembangkit pulsa, pengenalan program aplikasi Circuit Maker 6.0 Pro, materi tentang rangkaian RC seri, materi mengenai cara mendesain dan mensimulasikan rangkaian sistem pembangkit pulsa segi-empat menggunakan rangkaian elektronika berbasis IC 555, gerbang NOT IC 7404, IC Op Amp LM741, rangkaian pembangkit pulsa segi-tiga menggunakan rangkaian elektronika analog Op Amp dan rangkaian sistem pembangkit pulsa gigi gergaji menggunakan IC Timer 555 pada mata kuliah Teknik Pulsa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Tahap pengembangan meliputi: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan bentuk awal produk, 4) Uji lapangan awal, 5) Revisi produk utama, 6) Uji lapangan untuk produk utama, 7) Revisi produk operasional, 8) Uji lapangan operasional, 9) Revisi produk akhir, 10) Diseminasi dan implementasi. Validasi video pembelajaran melibatkan ahli materi dan ahli media pembelajaran. Uji lapangan dilakukan oleh 26 mahasiswa yang terdiri dari one to one 3 mahasiswa, kelompok kecil 8 mahasiswa, dan kelompok besar 15 mahasiswa. Hasil penelitian didapatkan nilai hasil uji validasi isi oleh ahli materi sebesar 97,33%, validasi konstrak oleh ahli media pembelajaran sebesar 75,38% dan hasil uji pemakaian oleh peserta didik yang telah mengikuti mata kuliah Teknik Pulsa pada one to one, kelompok kecil dan kelompok besar sebesar 85,76%. Total persentase yang didapatkan dari data yang diperoleh berdasarkan hasil uji validasi isi, hasil uji validasi konstrak dan hasil uji pemakaian media video pembelajaran sebesar 86,15%. Berdasarkan hasil penelitian, media video pembelajaran pada mata kuliah Teknik Pulsa dalam penggunaan aplikasi Circuit Maker 6 Pro dapat dikategorikan sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk capaian kompetensi mendesain, mensimulasikan, serta menganalisis rangkaian sistem pembangkit pulsa menggunakan program aplikasi Circuit Maker 6 Pro pada mata kuliah Teknik Pulsa di program studi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta This research is a development research aiming to develop learning video media on the Pulse Engineering course in the use of the Circuit Maker 6 Pro application in the Electronic Engineering Education study program at Universitas Negeri Jakarta. This learning video media contains an introduction to the pulse generator system, introduction of the Circuit Maker 6.0 Pro application program, material on series RC circuits, material on how to design and simulate a rectangular pulse generator system using IC 555 based electronic circuits, NOT IC 7404 gates, LM741 Op Amp ICs, triangular pulse generator circuits using Op Amp analog electronic circuits and sawtooth pulse generator systems using Timer 555 IC in the Pulse Engineering course. The method used in this study is Research and Development. The development stages include: 1) Research and information collecting, 2) Planning, 3) Develop Preliminary form of Product, 4) Preliminary Field Testing, 5) Main Product Revision, 6) Main Field Testing, 7) Operational Product Revision, 8) Operational Field Testing, 9) Final Product Revision, 10) Disemination and implementation . The validation of learning video involved material experts and learning media experts. The usage trials were conducted by 26 students, consisting of one to one 3 students, a small group of 8 students, and a large group of 15 students. The results show that the content validation test results by material experts are 97.33%, construct validations by learning media experts are 75.38% and the results of usage tests by students who had taken the Pulse Engineering course in one to one, small groups and large group of 85.76%. The total percentage obtained from the data based on the results of the content validation test, the results of the construct validation test and the test results of the use of instructional video media were 86.15%. Based on the results of the study, the learning video media in the Pulse Engineering course in the use of the Circuit Maker 6 Pro application could be categorized as very feasible and could be used as a learning medium for the achievement of the competencies of designing, simulating, and analyzing the pulse generator system circuit using the Circuit Maker 6 Pro application program on Pulse Engineering courses in the Electronic Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Wisnu Djatmiko, MT ; 2). Diat Nurhidayat, S.Pd., MT.I
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:45
Last Modified: 04 Jul 2022 06:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31379

Actions (login required)

View Item View Item