ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL MOBIL MENURUT KEPUTUSAN MENTERI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN TENTANG BENGKEL UMUM DAN KENDARAAN BERMOTOR DI JAKARTA PUSAT (Nomor : 551/MPP/Kep/10/2001)

DWIKI ANDHIKA PRATAMA, . (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL MOBIL MENURUT KEPUTUSAN MENTERI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN TENTANG BENGKEL UMUM DAN KENDARAAN BERMOTOR DI JAKARTA PUSAT (Nomor : 551/MPP/Kep/10/2001). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5315131641_Dwiki Andhika Pratama_laporan skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan bengkel X menurut standar pemerintah yang dikeluarkan melalui surat Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Nomor : 191/MPP/Kep/6/2001). Populasi pada penelitain ini adalah seluruh pelanggan di Bengkel X di delapan bengkel, sedangkan sampel yang digunakan adalah 100 pelanggan bengkel X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dimana data yang ada akan ditabulasi, dihitung persentase tingkat pemenuhannya dengan cara membagi skor riil dengan skor acuan yang dikalikan dengan seratus persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pada klasifikasi berdasarkan sistem mutu bengkel, bengkel X1 memiliki kesesuaian sebesar 76,1%, bengkel X2 memiliki kesesuaian sebesar 73,7%, bengkel X3 memiliki kesesuaian sebesar 79,3%, bengkel X4 memiliki kesesuaian sebesar 80,3%, bengkel X5 memiliki kesesuaian sebesar 70,9%, bengkel X6 memiliki kesesuaian sebesar 79,1%, bengkel X7 memiliki kesesuaian sebesar 80,5%, dan bengkel X8 memiliki kesesuaian sebesar 79.5%, 2) Pada klasifikasi berdasarkan fasilitas dan peralatan bengkel pada bengkel X1 sudah mencapai kesesuaian sebesar 74,1% %, sedangkan untuk bengkel X2 mencapai kesesuaian sebesar 71,1%, untuk bengkel X3 sudah mencapai kesesuaian sebesar 74,3%, untuk bengkel X4 sudah mencapai kesesuaian sebesar 75,4%, untuk bengkel X5 sudah mencapai kesesuaian sebesar 68,9%, untuk bengkel X6 sudah mencapai kesesuaian sebesar 74,5%, untuk bengkel X7 sudah mencapai kesesuaian sebesar 74,4%, dan bengkel X8 mencapai kesesuaian sebesar 74,7%, dan 3) Standar mekanik bengkel pada bengkel X1 sampai X8 sudah sesuai dengan persentase kesesuaian untuk bengkel X1 sebesar 65,1%, untuk bengkel X2 sebesar 63.8%, bengkel X3 sebesar 71,8%, bengkel X4 sebesar 71,5%, bengkel X5 sebesar 70,8, bengkel X6 sebesar 70,7%, bengkel X7 sebesar 70,2%, dan X8 sebesar 76,5% yang artinya sudah mememmi standar pemerintah yang dikeluarkan melalui Surat Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan tentang bengkel urnum kendaraan bermotor (Nomor: 191/MPP/Kep/6/2001) dengan hasil sesuai. This study aims to determine the quality level of car repair shop service according to government standards issued through a Decree of the Minister of Industry and Trade (Number: 191 / MPP / Kep / 6/2001). The population in this study were all customers in Auto 2000 Workshop in twelve workshops, while the sample used was 100 Auto 2000 workshop customers. The method used in this study was descriptive method. The data analysis technique used is descriptive statistics where the existing data will be tabulated, the percentage of compliance level is calculated by dividing the real score by the reference score multiplied by one hundred percent. The results showed that 1) in the workshop quality system dimensions, it was found that the workshop quality system implemented by Auto 2000 was good, 2) Auto 2000 workshop equipment facilities according to respondents were also good and 3) workshop mechanics also had done their job well. In addition to the dimension analysis the researcher also conducted an indicator analysis with the results showing that all indicators namely facilities, equipment, technical equipment group, work safety equipment, workshop mechanical requirements and workshop mechanical qualifications were running well. .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd ; 2). Ragil Sukarno,S,T, M,T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:00
Last Modified: 04 Jul 2022 07:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31382

Actions (login required)

View Item View Item