PROFIL KETERAMPILAN KONSELING TEMAN SEBAYA (PEER COUNSELLING) ANGGOTA PIK R MELALUI JALUR PENDIDIKAN DI KOTA DEPOK

NUR ASRI FITRIANI, . (2019) PROFIL KETERAMPILAN KONSELING TEMAN SEBAYA (PEER COUNSELLING) ANGGOTA PIK R MELALUI JALUR PENDIDIKAN DI KOTA DEPOK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. Pernyataan Bebas Plagiat.pdf

Download (253kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (147kB)
[img] Text
2. Lembar persetujuan.pdf

Download (167kB)
[img] Text
4. Abstrak Inggris.pdf

Download (145kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (253kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (445kB)
[img] Text
14. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
11. Bab 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
15. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
12. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
13. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (0B)
[img] Text
18. Biografi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan konseling teman sebaya (peer counseling) anggota PIK R (Pusat Informasi Konseling Remaja) Jalur Pendidikan di Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non�probability sampling dengan jenis teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota PIK R Kota Depok melalui jalur pendidikan, yang berasal dari SMP Negeri 1 (13 siswa), SMP Negeri 2 (12 siswa), SMP Negeri 5 (17 siswa), SMK Negeri 1 (50 siswa), dan SMA Negeri 1 (40 siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen Keterampilan Dasar Konseling yang terdiri dari 6 indikator penilaian. Berdasarkan uji validitas dan reliabitas yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pernyataan yang valid sebanyak 44 butir dari 48 butir pernyataan. Uji reliabilitas yang telah dilakukan pada butir pernyataan valid didapatkan angka reabilitas sebesar 0.078 yang berarti instrument yang digunakan memiliki reliabitias yang tinggi dan dapat digunakan sebagai alat ukur untuk mengmpulkan data penelitian. Berdasarkan hasil data penelitian yang dilakukan mengenai profil keterampilan konseling teman sebaya anggota PIK R jalur pendidikan di Kota Depok didapatkan nilai kategorisasi secara keseluruhan bahwa keterampilan konseling anggota PIK R dengan kategorisasi tinggi sebesar 13.64%, pada kategorisasi sedang sebesar 54.55%, dan pada kategorisasi rendah didapatkan jumlah persentase sebesar 31.82%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai profil keterampilan konseling teman sebaya (peer counselling), maka dapat ditarik kesimpulan bahwa anggota PIK masih membutuhkan kegiatan pembinaan, pemberian informasi, serta pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dasar konseling yang dimiliki oleh anggota PIK R Kota Depok. Data dalam penelitian ini memberikan gambaran kerampilan anggota PIK R yang berada pada kategorisasi sedang. Adapun kriteria untuk menjadi seorang konselor sebaya yang mampu membantu mengatasi permasalahan teman sebaya diperlukan keterampilan dasar tertentu yang menjadi bahan diskusi dalam studi ini, dengan demikian seharusnya anggota PIK R Kota Depok memiliki keterampilan yang tinggi agar dapat memberikan bantuan kepada teman sebayanya.. This research aims to determine the profile of peer counseling skills (peer counseling) members of PIK R (Youth Counseling Information Center) Education Path in the City of Depok. This research uses a quantitative approach with a survey method. The sampling technique in this study uses non-probability sampling with a type of saturated sampling technique. The respondents are from public junior high school of SMP Negeri 1 (13 students), public junior high school of SMP Negeri 2 (12 students), public junior high school of SMP Negeri 5 (17 students), public vocational school of SMK Negeri 1 (50 students and public senior high school of SMA Negeri 1 (40 students). The instrument used in this study was the Basic Counseling Skills instrument which consisted of 6 assessment indicators. Based on the validity and reliability tests conducted, it was found that the valid statements were 44 points out of 48 statements. The reliability test that was carried out on the valid statement item obtained a reliability number of 0.078 which means that the instrument used has high reliability and can be used as a measuring tool to collect research data. Results of research data conducted on the profile of peer counseling skills of PIK R members in the education route in Depok obtained overall categorization scores that the counseling skills of PIK R members with high categorization of 13.64%, in the moderate categorization of 54.55%, and in the low categorization the number of a percentage of 31.82%. Based on research that has been done on peer counseling skills profiles (peer counseling), it can be concluded that PIK members still need coaching activities, providing information, and training to improve basic counseling skills possessed by PIK R members in Depok. The results of the data presented in the explanation chapter illustrate that the skills possessed by PIK R members are still in the medium categorization. Meanwhile, to become a peer counselor who is able to help overcome the problems experienced by their peers they need to have basic skills with high categorization so that the problems experienced by their friends can be overcome according to the skills they should have.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Lara Fridani, Ph.D ; 2). Dr. Anan Sutisna, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:23
Last Modified: 04 Jul 2022 07:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31391

Actions (login required)

View Item View Item