PERAN PENGASUH DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH AL- MAUN KECAMATAN CILEUNGSI BOGOR

LINDA YOLANDASARI, . (2021) PERAN PENGASUH DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH AL- MAUN KECAMATAN CILEUNGSI BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PRINT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pengasuh dan juga bentuk pengasuhan yang diberikan panti asuhan muhammadiyah Al-Ma’un cileungsi terhadap anak asuh nya dalam membentuk kemandirian anak asuh tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara,observasi dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah pengasuh, dan anak asuh Panti Asuhan Al-Ma’un. Analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data, dan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan yang dilakukan oleh pengasuh dalam membentuk kemandirian anak asuh melalui pelatihan kewirausahaan,pelatihan akhlak melalui metode uswah,ta’widiyah dan mauidzah, dan juga pelatihan keterampilan. Kendala yang dihadapi pengasuh dalam pelaksanaan kegiatan yakni kurangnya sumber daya manusia untuk pengasuh, oleh sebab itu pemberian materi dan juga pelatihan belum cukup maksimal dan juga faktor internal dari anak asuh itu sendiri. This study aims to determine to know role of caregivers and also the form of care provided by the Al-Maun Cileungsi Foundation to their students in forming the independence of students. This research is using qualitative data with descriptive method. The resource of the data obtained by interview, observation and documentation. The objects in this study are caregivers, and students of the al maun Foundation. the data is analysis by using the data reduction, data presentation, and conclusions or verification. The results of the study show that the role of caregivers in shaping their student independence are through entrepreneurship training, moral training through the uswah ta widiyah and mauidzah methods, and also skills training. The obstacles faced by caregivers in implementation activities are the lack of human resources for caregivers, therefore the provision of materials and training is not enough and also internal factors from the students themselves

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd ; 2). Dr. Henny Herawati Br Dalimunthe, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:34
Last Modified: 04 Jul 2022 07:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31394

Actions (login required)

View Item View Item