PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 14 JAKARTA

SITI FATIMAH MAULINA, . (2019) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (102kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (334kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Pola Asuh Orang Tua dan Efikasi Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 14 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistic V.23. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan linearitas. Kemudian uji asumsi klasik meliputi uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Lalu analisis persamaan regresi berganda, uji hipotesis meliputi uji koefisien korelasi parsial, uji t dan uji F, serta uji koefisien determinasi. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 14 Jakarta sebanyak 214 siswa dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 138 siswa. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis diperoleh bahwa seluruh data yang digunakan dalam penelitian ini berdistribusi normal dan linier. Hasil uji asumsi klasik mengidentifikasikan tidak terjadinya multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Dari hasil analisis persamaan regresi berganda diketahui bahwa pola asuh orang tua dan efikasi diri bernilai positif dan bersama-sama berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan Uji t untuk X1 dengan t hitung 2,280 sedangkan X2 dengan t hitung 14,771> t tabel 1,97769. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masingmasing pola asuh orang tua dan efikasi diri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar. Hasil Uji F diperoleh F hitung 138,564 > F tabel 3,06 dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan efikasi diri secara bersama-sama dengan kemandirian belajar. Hasil persentase dari uji koefisien determinasi menunjukkan kemampuan pola asuh orang tua dan efikasi diri untuk menjelaskan kemandirian belajar (Y) secara simultan yaitu sebesar 67,2%. Disimpulkan bahwa pola asuh orang tua dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keman * The aim of this study is to investigate the effects of Parenting Styles and SelfEfficacy on Student’s Self-Regulated Learning in Accounting Major, 14 Vocational High School Jakarta. The method that used in this research is quantitative method with statistical descriptive analysis. The data were collected by questionnaires as the research instrument which has been tested for it’s validity and reliability. Data analysis techniques are using the IBM SPSS Statistic V.23 software. This data analysis technique uses test requirement analysis which includes normality test and linearity test. Then classical assumption test which includes multicollinearity test and heteroscedasticity test. After that are t test, F test and the coefficient of determination test is carried out.The accessible population are Accounting Major 14 Vocational High School Jakarta students consisted of 214 students with 138 students as the sample of this research. Based on the results of the analysis prerequisite test, all data that used in this research are normally and linearly distributed. The results of classical assumption test showed that there were no sign of multicollinearity and heteroscedasticity. The results of multiple regression equation analysis showed that parenting styles and self-efficacy are positive, so that both have a positive effect on student’s self regulated learning. Based on the results of testing the hypothesis with the t test obtained the t count of parenting style is 2,280 and t count of self-efficacy is 14,771 both are > t tabel 1,97769, which can be concluded as each independent variables significantly affects student’s self regulated learning. The results of F test showed the F count is 138,564 > F tabel 3,06, which means parenting styles and self-efficacy simultaneously significantly affects student’s self regulated learning. Percentage results from the coefficient of determination test showed that the abilities of parenting styles and self-efficacy to represent student’s self regulated learning is 67,2%. It was concluded that parenting styles and self-efficacy simultaneously had a positive and significant effects on student’s self regulated learning in Accounting Major, 14 Vocational High School Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Achmad Fauzi, S. Pd., M. Ak ; 2). Ati Sumiati, S. Pd., M.
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:03
Last Modified: 06 Jul 2022 06:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31445

Actions (login required)

View Item View Item