GAMBARAN LITERASI KESEHATAN MENTAL SISWA SMA NEGERI

ANNISA SHOLIHA, . (2021) GAMBARAN LITERASI KESEHATAN MENTAL SISWA SMA NEGERI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran literasi kesehatan mental siswa SMA Negeri 60 Jakarta. Sampel penelitian berjumlah 317 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Instrumen MHLQ (Mental Health Literacy Questionnaire). Hasil penelitian menunjukkan pada umumnya literasi kesehatan mental siswa SMA Negeri 60 Jakarta berada pada kategori tinggi dengan skor rerata sebesar 131. Sebanyak 270 siswa (85,2%) memiliki literasi kesehatan mental yang tinggi, terdapat 46 siswa (14,5%) memiliki literasi kesehatan mental sedang dan terdapat 1 siswa (0,3%) yang memiliki literasi kesehatan mental rendah. Aspek strategi pertolongan diri sendiri mendapat rerata paling tinggi sebesar 1342 sedangkan aspek keterampilan pertolongan pertama dan pencarian bantuan memiliki rerata terendah yaitu 1208. Aspek kepercayaan/streotipe yang salah memiliki rerata sebesar 1312.37, sementara aspek pengetahuan mendapat rerata sebesar 1221.46. Hasil ini menunjukan bahwa siswa mengetahui cara mencegah gangguan jiwa dan mampu mendeteksi gangguan secara dini, mampu memilih pencarian sumber bantuan yang tepat, mampu menyediakan sumber bantuan untuk membantu seseorang dan mampu melakukan strategi untuk pertolongan diri pada masalah kesehatan mental yang dialami. * This study aims to obtain an overview of the mental health literacy of SMA Negeri 60 Jakarta students. The research samples are 317 students. The sampling of this research is using random sampling technique. The method used is a quantitative approach with a survey method. Data was collected using the MHLQ (Mental Health Literacy Questionnaire) instrument. The results showed that most of the mental health literacy of SMA Negeri 60 Jakarta students were in the high category (m=131). A total of 270 students (85,2%) haeve a high level of self-care, there are 46 students (14,5%) and who have a moderate level of the mental health literacy, and there is 1 student (0,3%) who have low of the mental health literacy. The aspect of self-help strategies has the highest average (m=1342) while the aspect of first aid skills and help seeking has the lowest average (m=1208). The aspect of erroneous beliefs/stereotypes (m=1312.37) and the aspect of knowledge (m=1221.46). These results indicate that students know how to prevent mental disorders and are able to detect disorders early, are able to choose the right source of help, are able to provide sources of assistance to help someone and are able to carry out strategies for self-help on mental health problems experienced.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Eka Wahyuni,MAAPD. ; 2). Dr.Aip Badrujaman,S.Pd.,M.Pd.,Dr
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:08
Last Modified: 06 Jul 2022 07:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31473

Actions (login required)

View Item View Item