HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 50 JAKARTA

RIZKA JOHANA INDRAYANTI, . (2019) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
COVER - 8105153509.pdf

Download (198kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (482kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 50 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 50 Jakarta yang berjumlah 108 orang siswa dengan sampel 84 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian berbentuk kuesioner berjumlah 32 butir untuk variabel kemandirian belajar dan 28 butir untuk variabel perhatian orang tua. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,820 lebih besar dari t tabel sebesar 1,989, perhatian orang tua secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 6,884 lebih besar dari t tabel sebesar 1,989. Secara simultan ada pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 77,415 lebih besar dari nilai F tabel sebesar 3,11. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan juga bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis korelasi ganda dengan nilai R sebesar 0,810 yang artinya tingkat hubungan antar variabel sangat kuat dan selanjutnya diketahui nilai koefisien determinasi atau (R²) sebesar 65,7%. * This study aims to determine The Correlation between Independence Learning and Parents' Attention to the Learning Achievement of Class XI Accounting Students at SMK Negeri 50 Jakarta, both partially and simultaneously. This study uses a survey method with a quantitative approach. Data collection uses the technique of recording documents and questionnaires. Affordable population in this study were students of class XI Accounting at SMK Negeri 50 Jakarta, totaling 108 students with a sample of 84 students. The instrument used in the research was 32 items in the form of questionnaires for learning independence variables and 28 items for parents' attention variables. The data analysis technique used is multiple regression analysis and hypothesis testing consisting of t test and F test. Based on the results of data analysis it can be seen that there is a partial influence between learning independence and learning achievement. Can be seen from the results of data analysis which shows the value of t count of 3.820 greater than t table of 1.989, parental attention partially there is also an influence on learning achievement, this is seen from the results of data analysis which shows the value of t count of 6.884 greater than t table is 1.989. Simultaneously there is the influence of learning independence and parents' attention to learning achievement. Can be seen from the results of data analysis which shows the value of F count of 77.415 greater than the value of F table of 3.11. From the results of the research that has been done, it can be concluded also that there is a positive and significant relationship between learning independence and the attention of parents with learning achievement. Can be seen from the results of multiple correlation analysis with an R value of 0.810 which means that the level of relations between variables is very strong and then it is known the value of the coefficient of determination or (R²) of 65.7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S.Pd, M.Si. ; 2). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:14
Last Modified: 06 Jul 2022 07:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31475

Actions (login required)

View Item View Item