PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMK NEGERI 16 JAKARTA

SITI AYU MARSINAH, . (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMK NEGERI 16 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam empat bulan, dimulai pada bulan Maret 2019 sampai dengan Juni 2019 di SMK Negeri 16 Jakarta. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar (X1) terhadap hasil belajar (Y) Matematika di SMK Negeri 16 Jakarta, untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) Matematika di SMK Negeri 16 Jakarta, dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga (X3) terhadap hasil belajar (Y) Matematika di SMK Negeri 16 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan regresi, sedangkan populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh Siswa di SMK Negeri Jakarta, dengan populasi terjangkau Siswa Kelas XI SMK Negeri 16 Jakarta yang berjumlah 209 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 131 siswa. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov Z dengan tingkat signifikansi 0,05 menghasilkan signifikansi 0,200 untuk semua variabel. Dapat disimpulkan bahwa data keempat variabel berdistribusi normal. Uji linieritras regresi Y atas X1 menghasilkan nilai signifikansi 0,01 < 0,05, uji linieritras regresi Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi 0,02 < 0,05 dan uji linieritras regresi Y atas X3 menghasilkan nilai signifikansi 0,01 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji analisis regresi sederhana Y atas X1 memiliki persamaan Ŷ = 71,242 + 0,304X1, uji analisis regresi sederhana Y atas X2 memiliki persamaan Ŷ = 72,608 + 0,174X2 dan uji analisis regresi sederhana Y atas X3 memiliki persamaan Ŷ = 75,539 + 0,298X3. Selanjutnya dilakukan uji t, dihasilkan Y atas X1 thitung (3,414) >ttabel (1,66), Y atas X2 thitung (3,044) > ttabel (1,66), dan Y atas X3 thitung (3,343) >ttabel (1,66), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan. Koefisien determinasi Y atas X1 sebesar 0,083 menunjukkan bahwa 8,3% variable hasil belajar ditentukan oleh motivasi belajar, Y atas X2 sebesar 0,067 menunjukkan bahwa 6,7%.variable hasil belajar ditentukan oleh disiplin belajar dan Y atas X3 sebesar 0,080 menunjukkan bahwa 8% variable hasil belajar ditentukan oleh lingkungan keluarga, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar dari penelitian ini. This researc is conducted in four months, starting from March 2019 until June 2019 at SMK Negeri 16 Jakarta. This research has three purpose, that is to know the effect of learning motivation (X1) with learning result (Y) Mathematics at SMK Negeri 16 Jakarta, to know the effect of learning discipline (X2) with learning result (Y) Mathematics at SMK Negeri 16 Jakarta and to know relation family environment (X3) with learning result (Y) Mathematics at SMK Negeri 16 Jakarta. The method used in this research is survey method with regresional approach while the research population used is all students in SMK Negeri 16 Jakarta, with affordable population of class XI students amounting to 209 students. The sampling technique used is propotional random sampling as many as 131 students. Test requirement analysis that is normality test with kolmogorov smirnov test with level of significance 0,05 produce significance 0,200 for all variable. It can be concluded that the data of the four variables are normally distributed. Regression linearity test Y for X1 produces a significance value of 0.01 <0.05, linearity test Y for X2 produces a significance value of 0.02 <0.05 and linearity test Y for X3 produces a significance value of 0.01 <0.05 so that it can be concluded that the regression equation is linear. The simple regression analysis test Y over X1 has the equation Ŷ = 71,242 + 0,304X1, Y over X2 has the equation Ŷ = 72,608 + 0,174X2 and test Y over X3 has equation Ŷ = 75,539 + 0,298X3. Furthermore, the t test was carried out, resulting in Y overcome X1 thitung (3,414) >ttabel (1,66), Y on X2 thitung (3,044) > ttabel (1,66), and Y on X3 thitung (3,343) >ttabel (1,66), so that it can be concluded that there is a positive and significant influence. The coefficient of determination Y on X1 is 0,083 indicating that 8,3% of learning outcome variables are determined by the learning motivation, Y on X2 is 0,067 indicating that 6,7% of learning outcome variables are determined by the discipline of learning, and Y on X3 is 0,080 indicating that 8% of learning outcome variables are determined by the family environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Corry Yohana, M.M ; 2). Dita Puruwita, S.Pd., M.Si
Subjects: Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:29
Last Modified: 07 Jul 2022 04:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31486

Actions (login required)

View Item View Item