DESKRIPSI PERKEMBANGAN KEPERCAYAAN PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI (STUDY PADA SALAH SATU SMAN DI BANDAR LAMPUNG)

YUNITA SARI, . (2021) DESKRIPSI PERKEMBANGAN KEPERCAYAAN PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI (STUDY PADA SALAH SATU SMAN DI BANDAR LAMPUNG). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)

Abstract

Spritualitas dan religiusitas merupakan aset bagi perkembangan remaja. Spirituality merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hubungan, proses dan hasil konseling. Peserta didik SMA yang biasanya berusia 14-18 tahun menurut teori perkembangan kepercayaan Fowler berada pada pada tahap 3 synthetic-conventional faith. Penelitian ini bertujuan menyajikan secara detail dan komprehensif tentang perkembangan iman yang dirasakan empat peserta didik SMAN yang aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler keagamaan. Metode deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur yang mengacu pada Faith Development Interview (FDI) dimana setiap responden diberikan satu set pertanyaan yang telah ditentukan dan pertanyaan terbuka atau pertanyaan tindak lanjut yang dikembangakan oleh peneliti. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi dan mengembangkan area tematik. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dan uji tranferabilitas. Pembahasan dilakukan dengan mengkaitkan pada empat ciri khas iman berdasarkan teori Fowler, yaitu (1) Iman sebagai relasional, (2) Iman sebagai pengetahuan, (3) iman sebagai Identitas,dan (4) Iman sebagai imajinasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa semua responden dibesarkan dengan keyakinan dan nilai-nilai yang terkandung dalam agamanya, iman tidak hanya bagian yang terpenting bagi responden tetapi juga dijadikan dasar para responden dalam menghadapi hidup, perkembangan iman responden konsisten dengan literature teori perkembangan iman, perkembangan iman mereka sangat berhubungan dengan pandangan mereka tentang identitas dirinya, dan pengaruh orang tua memiliki peranan yang penting dalam perkembangan iman dari segi nilai moral, psikologis dan nilai spiritual yang merupakan elemen fundamental dari perkembangan iman seseorang. Spirituality and religiosity are assets for adolescent development. Spirituality is one of the factors that influence the relationship, process and outcome of counseling. High school students who are usually aged 14-18 years according to Fowler's theory of belief development are at stage 3 synthetic-conventional faith. This study aims to present in detail and comprehensively the development of faith felt by four high school students who are active in religious extracurricular activities. Qualitative descriptive method used in the study. Data was collected by semi-structured interviews referring to the Faith Development Interview (FDI) where each respondent was given a set of predetermined questions and open-ended questions or follow-up questions developed by the researcher. Data analysis was carried out by categorizing and developing thematic areas. Testing the validity of the data in this study used the credibility test and transferability test. The discussion is carried out by linking the four characteristics of faith based on Fowler's theory, namely (1) Faith as relational, (2) Faith as knowledge, (3) Faith as Identity, and (4) Faith as imagination. The results of the study revealed that all respondents were raised with the beliefs and values contained in their religion, faith is not only the most important part for respondents but is also used as the basis for respondents in dealing with life, the development of respondents' faith is consistent with the literature on the theory of faith development, their faith development is very important. related to their view of their identity, and the influence of parents has an important role in the development of faith in terms of moral, psychological and spiritual values which are fundamental elements of the development of one's faith.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Aip Badruzaman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 05:46
Last Modified: 07 Jul 2022 05:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31498

Actions (login required)

View Item View Item