PENGEMBANGAN SELF-HELP BOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KESEHATAN MENTAL PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 KRAMATWATU KABUPATEN SERANG BANTEN

RISKA HANDAYANI, . (2021) PENGEMBANGAN SELF-HELP BOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KESEHATAN MENTAL PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 KRAMATWATU KABUPATEN SERANG BANTEN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Literasi kesehatan mental merupakan pengetahuan dan keyakinan tentang gangguan mental yang membantu untuk mengenali, mengelola dan mencegah gangguan mental seseorang. Literasi kesehatan mental pada peserta didik adalah suatu hal yang penting untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam menghadapi tantangan yang diharapkan maupun yang tidak terduga, pengetahuan tentang literasi kesehatan mental dapat menjadi cara yang efektif untuk mendidik, mencegah dan memberikan informasi sedini mungkin dalam menangani gangguan kesehatan mental.Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media self-help book untuk meningkatkan literasi kesehatan mental pada peserta didik. Terdapat lima aspek yang digunakan dalam pembahasan self-help book yaitu rekognisi gejala gangguan mental, pengetahuan/informasi kesehatan mental, pengetahuan penyebab gangguan mental, pengetahuan pencarian pertolongan formal, dan pengetahuan menjaga kesehatan mental yang positif. Dalam penelitian ini menggunakan Design Based Research model Reeves. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Kramatwatu Serang Banten. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi kesehatan mental peserta didik memperoleh nilai 56% yang termasuk dalam kategori menengah. Asesmen kebutuhan self-help book memperoleh nilai 61% peserta didik tidak mengetahui self-help book. Sebanyak 39% peserta didik belum pernah membaca self�help book, dan sebanyak 100% peserta didik tertarik untuk membaca self-help book mengenai literasi kesehatan mental. Kemudian uji media memperoleh nilai 95,45% masuk dalam kategori sangat layak, uji materi memperoleh nilai sebesar 60,24% termasuk pada kategori layak, dan uji keterbacaan memperoleh nilai sebesar 80,17% termasuk pada kategori sangat layak. Berdasarkan keseluruhan penilaian pengembangan self-help book untuk meningkatkan literasi kesehatan mental layak untuk digunakan oleh peserta didik. Mental health literacy is the knowledge and belief of mental disorders that helps to recognize, manage and prevent a person's mental disorders. Mental health literacy in learners is an important thing to increase their capacity in the face of expected and unexpected challenges, knowledge of mental health literacy can be an effective way to educate, prevent and provide information as early as possible in dealing with mental health disorders. The purpose of this study was to produce a self-help book media product to improve mental health literacy in students. There are five aspects used in the self-help book discussion, namely the recognition of symptoms of mental disorders, knowledge / information on mental health, knowledge of the causes of mental disorders, knowledge of formal relief seeking, and knowledge of maintaining positive mental health. In this study using Design Based Research Reeves model. The subjects in this study were students of grade IX SMP Negeri 2 Kramatwatu Serang Banten. Data collection using questionnaires, interviews, and document analysis. The results of this study showed that the level of mental health literacy of learners obtained a score of 56% which falls into the moderate category. Assessment of self-help book needs obtained a score of 61% of students do not know the self-help book. A total of 39% of students have never read a self-help book, and as many as 100% of students are interested in reading a self-help book on mental health literacy. Then the media test obtained a score of 95.45% in the very worthy category, the material test obtained a score of 60.24% included in the eligible category, and the readability test obtained a score of 80.17% including in the very worthy category. Based on the overall assessment of self�help book development to improve mental health literacy is feasible for use by learne

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Eka Wahyuni, MAAPD
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:24
Last Modified: 07 Jul 2022 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31500

Actions (login required)

View Item View Item