PERANCANGAN SISTEM PENGAMAN DAN PELACAKAN SEPEDA MOTOR DENGAN E-KTP DAN GPS BERBASIS MIKROKONTROLER

IMAM ZUHDI, . (2021) PERANCANGAN SISTEM PENGAMAN DAN PELACAKAN SEPEDA MOTOR DENGAN E-KTP DAN GPS BERBASIS MIKROKONTROLER. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
04. KATA PENGANTAR.pdf

Download (440kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
01. COVER.pdf

Download (282kB)
[img] Text
02. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text
03. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
08. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (236kB)
[img] Text
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
07. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
13. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[img] Text
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun sistem keamanan pada sepeda motor menggunakan E-KTP dan GPS agar dapat meminimalisir terjadinya kejahatan seperti pencurian kendaraan sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian rekayasa teknik yang meliputi mengidentifikasi masalah, mengnalisis kebutuhan, studi literatur, perancangan sub sistem, perancangan perangkat keras, perancangan perangkat lunak, tahap pengujian, melakukan perbaikan sistem jika tidak sesuai, kemudian melakukan analisa data. Dalam penelitian ini pengujian kunci kontak dilakukan menggunakan modul RFID RC522, kemudian menggunakan modul GPS uBlox NEO 6M untuk mengetahui posisi kendaraan sepeda motor serta dapat melakukan pemantauan melalui aplikasi blynk, dan menggunakan sirine sebagai informasi keakuratan posisi kendaraan sepeda motor. Sebagai pemroses utama pada penelitian ini adalah ESP32. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kunci kontak motor terbukti dapat diaktifkan menggunakan 3 KTP dari 10 KTP sampel yang digunakan pada pengujian modul RFID RC522. Kemudian, pengujian modul GPS dilakukan dengan cara membandingkan nilai koordinat lokasi hasil pembacaan modul GPS ublox NEO-6M dengan nilai koordinat lokasi hasil pembacaan dari Google Maps untuk mengetahui selisih jarak keduanya menggunakan metode perhitungan Euclidean Distance. Hasil pengujian ini menunjukkan rata-rata selisih jarak hasil pembacaan koordinat lokasi keduanya adalah sebesar 1,94 m.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Drs. Pitoyo Yuliatmojo, M.T. 2)Dr. Muhammad Yusro, M.Pd, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2022 05:43
Last Modified: 08 Jul 2022 05:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31573

Actions (login required)

View Item View Item