MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING DI SMK NEGERI 1 CIKULUR

Mohamad Adi Firmansyah, . (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING DI SMK NEGERI 1 CIKULUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5315141156_Moh. Adi Firmansyah_DRH Mahasiswa Lulus SI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
5315141156_Moh. Adi Firmansyah_Laporan_Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Teknik Pemesinan setelah diterapkannya metode pembelajaran team based learning pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Cikulur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai dengan September 2020 di SMKN 1 Cikulur. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Teknik Pemesinan sebanyak 35 siswa. Objek penelitian adalah mata pelajaran gambar teknik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik. Hasil tindakan kelas ini menunjukkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Pemesinan setelah melaksankan kegiatan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran team based learning sebanyak 100% dari jumlah sebanyak 35 siswa mendapatkan nilai di atas KKM dengan rata-rata nilai kelas yaitu 96,6. Hasil analisis data melalui uji hipotetsis didapat thitung = 26,871 dan dengan ttabel = 1,690924, dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh dari model pembelajaran team based learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMKN 1 Cikulur. Metode pembelajaran team based learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran Gambar Teknik pada siswa SMK Negeri 1 Cikulur. This study aims to determine the increase in learning outcomes of class X students of Mechanical Engineering after the application of the team based learning method in Engineering Drawing at SMK Negeri 1 Cikulur. This type of research is a classroom action research. This research was conducted from August to September 2020 at SMKN 1 Cikulur. The subjects of this study were 35 students of class X Mechanical Engineering. The research object is the subject of technical drawing. Data collection techniques used include observation, test learning outcomes and documentation. The data analysis used was statistical data analysis. The results of this class action indicate the learning outcomes of class X students of Mechanical Engineering after carrying out learning activities using team-based learning strategies as much as 100% of the total 35 students scored above the KKM with an average class score of 96.6. The results of data analysis through the hypothetical test obtained tcount = 26.871 and with ttable = 1,690924, it can be stated that tcount > ttable, then H0 is rejected and H1 is accepted, meaning that there is an influence from the team based learning model on improving student learning outcomes in the subject of Figure Engineering at SMKN 1 Cikulur. The team based learning method has a significant effect on improving learning outcomes in the Engineering Drawing subject for students of SMK Negeri 1 Cikulur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agus Dudung, M.Pd ; 2). Ragil Sukarno, S.T., M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:13
Last Modified: 08 Jul 2022 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31583

Actions (login required)

View Item View Item