PENGARUH SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA

SYARIEF HIDAYATULLAH, . (2017) PENGARUH SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Syarief Hidayatullah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa jurusan administrasi perkantoran SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan November 2016 sampai bulan Febuari 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 628 populasi terjangkau siswa jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 76. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 62 Siswa dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dari data hasil belajar berdasarkan ulangan harian pada bulan Januari 2017 Sedangkan data variabel X1 (Sarana Prasarana Pendidikan) instrumen yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert serta data variabel X2 (Motivasi Belajar) adalah data sekunder yang didapat dari data penilaian hasil belajar. Sebelum digunakan, dilakukan uji coba validitas konstruk melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1 sebesar 0,889 dan membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 22.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov Z dan di dapat nilai X1 sarana prasarana pendidikan sebesar 0,200, X2 motivasi belajar sebesar 0,200 dan Y hasil belajar sebesar 0,200 yang semuanya lebih besar dari signifikansi 0,05 maka data berdistribusi normal. Kemudian mencari uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Dari hasil uji multikolinearitas nilai Toleranc0e sebesar 0,882 yang lebih besar dari 0,1 dan VIF kurang dari 5 yaitu 1,134, dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah multikolinearitas. Selanjutnya mencari uji heteroskedastisitas dengan uji Spearman’s rho, yang menghasilkan nilai signifikansi X1 0,854 dan X2 0,657. Karena nilai signifikansi lebih dari 0,05 maka tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 20,563+0,369X1+0,229X2. Uji hipotesis yaitu uji F dalam tabel ANOVA, diketahui Fhitung 38,485 > Ftabel 3,153. Uji t menghasilkan thitung dari sarana prasarana pendidikan 5,730>Ttabel 2,001 dan Thitung dari motivasi belajar sebesar 4,269>Ttabel 2,001. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh hasil 56,6%, sisanya 43,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sarana prasarana pendidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. This study aims to determine whether there is influence of infrastructure and learning motivation on learning outcomes in students majoring in office administration Kirtti Gita 2 SMK Jakarta. This research was conducted for three months starting in November 2016 until February 2017. The research method used is survey method with the correlational approach. The population in this study population numbered 628 students majoring in Administrative affordable totaling 76. The sample used in this study were 62 students by using proportional random sampling technique. Data variable Y (Learning Outcomes) is a secondary data obtained from the data of learning outcomes based daily test in January 2017, while the variable data X1 (Infrastructure Education) instrument used was a questionnaire using the model Likert scale and variable data X2 (Motivation) is secondary data obtained from the data assessment of learning outcomes. Prior to use, construct validity trials conducted through a validation process that is the calculation of correlation coefficient score of grains with a total score and reliability tests with Cronbach alpha formula. The results of variable reliability X1 at 0.889 and prove that the instrument reliable. Data were analyzed using SPSS version 22.0 begins with finding test requirements analysis is the test for normality using the Kolmogorov-Smirnov Z and can value X1 infrastructure of education of 0.200, X2 motivation to learn of 0.200 and Y learning outcomes of 0.200 were all bigger than 0.05 then the normal distribution of data. Then look for a test the classical assumption of multicollinearity and heteroscedasticity test. From the test results multikolinearitas Toleranc0e value amounted to 0.882 greater than 0.1 and less than 5 VIF is 1,134, it can be concluded that there was no trouble multikolinearitas. Next look for heteroscedasticity test with Spearman's rho test, which resulted in significant value X1 and X2 0.854 0.657. Because the significance value greater than 0.05 then there is no problem heteroscedasticity. The regression equation obtained was Y = 20.563 + 0,369X1 + 0,229X2. Test the hypothesis that the F test in the ANOVA tables, known Fhitung 38.485> 3.153 Ftabel. T test produces thitung of educational infrastructure 5.730> 2.001 Ttabel and Thitung of motivation to learn at 4.269> 2.001 Ttabel. Then test the coefficient of determination obtained results of 56.6%, the remaining 43.4% is influenced by other factors not examined. It is concluded that there are significant positive and significant correlation between educational infrastructure and learning motivation to learning outcomes in vocational Gita Kirtti 2 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dra. Ponco Dewi K, MM. 2)Marsofiyati S. Pd, M. Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:00
Last Modified: 12 Jul 2022 06:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31637

Actions (login required)

View Item View Item