EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF POKOK BAHASAN POLA ROK DRAPERI MATERI MATA KULIAH DRAPING

WINNIE AWALIA, . (2016) EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF POKOK BAHASAN POLA ROK DRAPERI MATERI MATA KULIAH DRAPING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
WINNIE AWALIA.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pada multimedia pembelajaran CD interaktif pokok bahasan pola rok draperi materi pada mata kuliah Draping. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Tata Busana, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre- experimental dengan desain One-Shot Case Study. Penelitian dimulai dari tahap pengembangan produk sampai dengan tahap evaluasi. Evaluasi dilakukan oleh para ahli yang mempunyai kompetensi di bidang materi Draping dan bidang multimedia. Selain penilaian dari para ahli, diteliti juga pendapat dari mahasiswa sebagai pengguna media pembelajaran ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket terbuka dan angket tertutup. Media pembelajaran berupa CD interaktif, dinilai oleh beberapa panelis, yang terdiri dari dua orang ahli materi dan tiga orang ahli media, kemudian pendapat pengguna dengan frekuensi sebanyak 52 orang, yaitu mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Jakarta yang ditinjau dari dua aspek, yaitu dari komponen materi: Aspek Prinsip-prinsip Multimedia Pembelajaran Materi dan Komponenkomponen Media yang terdiri dari: Aspek Interaksi, Audio, Visual, Video dan Animasi. Setelah dilakukan penelitian, data yang didapat lalu dianalisis secara kualitatif dan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: untuk penilaian ahli materi pada komponen-komponen materi penilaian tertinggi diperoleh pada kejelasan dalam penyajian materi dalam bentuk video, untuk penilaian ahli media pada komponen-komponen media penilaian tertinggi diperoleh pada layout, desain dan warna yang memiliki komposisi seimbang serta harmonis, dan untuk penilaian pendapat pengguna penilaian tertinggi pada penyajian materi yang mudah dipahami dengan prosentase 87.0 dari yang diharapkan (100). *********** This study aims to determine the results of the evaluation on learning multimedia interactive CD pattern skirt drapes subject matter in courses DRAPING. This research was conducted at the Education Studies Program dressmaking, State University of Jakarta. The method used in this research is the method of pre-experimental design with One-Shot Case Study. The study starts from the product development stage to the evaluation stage. The evaluation was done by experts who have competence in the field of materials Draping and multimedia fields. In addition to the assessment of experts, also examined the opinions of students as users of this learning media. The data collection is done by using a questionnaire instrument combinations and closed questionnaire. Learning media in the form of an interactive CD, rated by some panelists, which consists of two subject matter experts and three media experts, and user opinion with a frequency of 52 people, such as students dressmaking Jakarta State University who reviewed from two aspects, namely from the component material : Aspects principles of Multimedia Learning Materials and components Media consists of: Aspects of Interaction, Audio, Visual, Video and Animation. After doing research, the data obtained and analyzed qualitatively and obtained the following results: for the assessment of subject matter experts on the components of the material highest ratings obtained in clarity in the presentation of the material in the form of video, for the assessment of media experts on the components of the media highest assessment obtained on the layout, design and color that has a balanced composition and harmony, and for the assessment of the highest ratings in the opinion of the presentation of the material that is easily understood by the percentage of the expected 87.0(100).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Vivi Radiona SP, M.Pd. ; 2). Esty Nurbaiti, M.KM.
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:06
Last Modified: 12 Jul 2022 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31682

Actions (login required)

View Item View Item