PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MEDIA MUSIK KREATIF (Action Research pada Anak Kelompok B PAUD Al-Madani, Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2017)

YULIZA WAHYUNINGSI, . (2017) PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MEDIA MUSIK KREATIF (Action Research pada Anak Kelompok B PAUD Al-Madani, Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2017). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Tesis PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menggunakan media musik kreatif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelompok B di PAUD Al-Madani Kabupaten Bengkulu Selatan tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini berjumlah 10 anak. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui catatan lapangan, lembar observasi, catatan wawancara, catatan dokumentasi. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan kepercayaan diri setelah tindakan dengan menggunakan media musik kreatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kepercayaan diri melalui media musik kreatif. Pada siklus I, diperoleh peningkatan sebesar 63,75% dan meningkat menjadi 88,75%. Pada siklus II. Berdasarkan data kuantitatif tersebut yang diperkuat dengan temuan data kualitatif bahwa medi musik kreatif dapat meningkatkan kepercayaan diri. This study aims to describe the process and learning outcomes using creative music media can improve the self confidence of group B students in PAUD Al-Madani South Bengkulu District academic year 2016/2017. The subject of this study amounted to 10 children. Data analysis techniques used are qualitative and quantitative data analysis. Qualitative data analysis is used to collect data through field notes, observation sheets, interview notes, documentation notes. Quantitative data analysis is used to determine the percentage of improved self confidence after action using creative music media. The results of this study indicate an increase in self confidence through creative music media activities. In cycle I, an increase of 63,75% and increased to 88,75%. In cycle II. Based on these quantitative data reinforced by the findings of qualitative data that the activity of creative music media can improve self confidence.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Elindra Yetti, M.Pd ; 2). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:01
Last Modified: 12 Jul 2022 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31692

Actions (login required)

View Item View Item