PENGARUH PROJECT BASED BLENDED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK MATERI KEMAGNETAN

OLIVIA ALIFTIKA, . (2021) PENGARUH PROJECT BASED BLENDED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK MATERI KEMAGNETAN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan seluruh dunia menyebabkan perubahan yang besar pada bidang pendidikan. Perubahan tersebut adalah pembelajaran harus dilakukan dengan cara pembelajaran jarak jauh. Disisi lain, keterampilan-keterampilan yang diperlukan peserta didik harus tetap dapat terlatihkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Project Based Blended Learning dan kemandirian mandiri terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan treatment by level model 2x2. Subyek penelitian ini adalah siswa SMK kelas 10. Sampel dibagi menjadi dua kelompok; satu kelompok belajar melalui model blended learning berbasis proyek dengan 74 siswa sedangkan kelompok lain belajar melalui model blended learning dengan 74 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar melalui model Project Based Blended Learning lebih tinggi dibandingkan mereka yang belajar melalui model Blended Learning saja. Selain itu, kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih besar daripada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Project Based Blended Learning dan siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Blended Learning, serta terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap keterampilan berpikir kritis. Dengan nilai effect size 0.098 yang artinya pengaruh pembelajaran melalui project based blended learning dan kemandirian belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa ada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Astra, M.Si ; 2). Prof. Dr. Yetti Supriyati, M.Pd
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:03
Last Modified: 12 Jul 2022 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31693

Actions (login required)

View Item View Item