MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V (Penelitian Action Research di SDN Palatiga Kota Baubau Sulawesi Tenggara)

MITRAKASIH LA ODE ONDE, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V (Penelitian Action Research di SDN Palatiga Kota Baubau Sulawesi Tenggara). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
2. Abstrak, ringkasan.pdf

Download (246kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN, KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (772kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 pengumpulan data siklus I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Lampiran 25 Riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas V SDN Palatiga Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara, melalui model pembelajaran group investigation. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, dokumentasi, observasi guru dan siswa, tes dan non tes. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VC SDN Palatiga. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan penalaran. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata presentase siswa pada tindakan siklus I yaitu 51,4 %. Aktivitas guru sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 71,4% dan aktivitas siswa mencapai 71,4%. Mengalami peningkatan pada siklus ke II mencapai 91,4% aktivitas guru sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 82% dan aktivitas siswa mencapai 83,9%. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan kemampuan penalaran. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa melalui model pembelajaran group investigation. This study aims to improve students' reasoning ability in social science at grade V students SDN Palatiga Baubau City, Southeast Sulawesi, through group investigation learning model. This research uses action research method using Kemmis and Mc.Taggart model consisting of four stages namely, planning, action, observation and reflection which conducted during two cycles. Data collection techniques used field notes, documentation, teacher and student observations, tests and non-tests. Subjects in this study were students of 5C class in SDN Palatiga. The results showed an improvement in students’ reasoning ability. This is showed by the average percentage of students’ score in cycle I is 51.4%. Teacher’s activity according to the steps of this method reach 71.4% and students’ activity reach 71.4%. The improvement in cycle II reached 91.4%, teacher’s activity according to the steps of this method reach 82% and students’ activity reach 83.9%. The implication of this research is group investigation learning model to improve reasoning ability. The result of this study indicates an improvement in students' reasoning ability through group investigation learning model.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Yetti Supriyati, M.Pd ; 2). Dr.Eko Siswono, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:41
Last Modified: 13 Jul 2022 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31699

Actions (login required)

View Item View Item